Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Sayid Fadhil menyatakan, pihaknya memprioritaskan sektor pariwisata di kawasan pelabuhan dan perdagangan Sabang, untuk dikembangkan.

"Kami akan memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata di kawasan bebas Sabang dan berupaya menjadikannya destinasi dunia. Di samping sektor lainnya," kata Kepala BPKS Sayid Fadhil di Banda Aceh, Minggu.

Selama ini, Sabang merupakan destinasi utama pariwisata di Provinsi Aceh. Sabang, tidak hanya memiliki wisata bahari, tetapi juga wisata sejarah. Banyak peninggalan Belanda dan Jepang di Sabang.

Sekarang ini, kata Sayid Fadhil, Sabang juga menjadi tempat persinggahan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan. Sejumlah kapal pesiar secara berkala berlabuh di Pelabuhan BPKS.

"Walau hanya singgah kurang dari satu, wisatawan yang datang dengan kapal pesiar itu mampu memberi dampak ekonomi kepada masyarakat Sabang," kata Sayid Fadhil menyebutkan.

Guna mendukung pengembangan pariwisata kawasan bebas Sabang, kata dia, saat ini BPKS sedang merevitalisasi Pelabuhan Balohan. Pelabuhan itu merupakan pintu masuk utama wisatawan ke Pulau Weh, selain dari Teluk Sabang.

"Kami menggunakan lebih dari separuh anggaran BPKS tahun anggaran 2018 hanya untuk revitalisasi Pelabuhan Balohan. Anggaran BPKS tahun ini mencapai Rp221 miliar," ungkap dia.

Selain membangun infrastruktur pariwisata, ungkap Sayid Fadhil, BPKS juga berupaya mencari investor yang mau menanamkan modal di sektor tersebut di kawasan bebas Sabang.

"Kami juga berupaya mengundang investor berinvestasi di bidang pariwisata, seperti membangun perhotelan, dan lainnya. Dengan demikian, kami berharap kawasan bebas Sabang akan lebih maju lagi di masa mendatang," kata dia.

Selain pariwisata, lanjut dia, pihaknya juga akan menjadikan kawasan bebas Sabang sebagai pusat jasa pelabuhan internasional dan industri perdagangan kawasan Asia Tenggara di ujung barat Indonesia.

"Sektor andalan tersebut akan menjadi kerja utama kami agar kehadiran kawasan bebas Sabang serta menjadikan Sabang sebagai destinasi pariwisata dunia benar-benar bisa dirasakan masyarakat Aceh," pungkas Sayid Fadhil.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018