Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Prof Samsul Rizal mengatakan, pemuda harus memiliki semangat kepahlawanan guna melanjutkan perjuangan dan pembangunan bangsa.
     
"Pemuda dan generasi muda sekarang harus memiliki semangat dan jiwa kepahlawanan. Semangat dan jiwa ini untuk melanjutkan cita-cita pahlawan," kata Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Sabtu.
     
Pernyataan tersebut dikemukakan Prof Samsul Rizal usai memimpin peringatan Hari Pahlawan tingkat Provinsi Aceh yang dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.
     
Saat ini, kata Rektor Unsyiah, Bangsa Indonesia masih terjajah dengan kemiskinan. Oleh karena itu, generasi muda harus mampu menjadi pahlawan baru memerangi kemiskinan.
     
"Kalau dulu, pahlawan kita berjuang mengusir penjajah. Kini, harus muncul pahlawan-pahlawan muda yang mampu memerangi kemiskinan," kata Prof Samsul Rizal.
     
Oleh karena itu, lanjut dia, generasi muda harus memiliki dan menjiwai semangat para pahlawan. Semangat itu harus dibarengi dengan kreativitas dan inovasi dalam membangun serta melanjutkan perjuangan bangsa.
     
"Kami yakin, generasi muda yang memiliki inovasi dan kreativitas akan mampu membawa Indonesia sebagai negara maju. Ini menjadi tugas kita bersama membangun kualitas generasi muda penerus bangsa," kata Prof Samsul Rizal.
     
Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Blangpadang diawali dengan salawat badar. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran merah putih serta pembacaan pesan-pesan pahlawan. 
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018