Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Polisi Resort (Polresta) Kota Banda Aceh telah menangkap sebanyak 26 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II A Lambaro, Aceh Besar, sementara 87 lainnya masih dalam pengajaran. 

"Hingga kini sudah 26 warga binaan yang ditangkap dan 87 lagi masih dalam pengajaran," kata Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Rio S Dampak di LP Kelas II A, Lambaro, Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat. 

Ke-26 warga binaan yang sudah diamankan pihak kepolisian tersebut, 25 diantaranya sudah dikembalikan ke LP Kelas II A Lambaro, Aceh Besar. Kemudian satu lagi masih diamankan di Polsek Ingin Jaya, Aceh Besar. 

Pada kesempatan itu, Kapolda Aceh meminta semua warga binaan yang melarikan diri atau kabur dari LP Kelas II A, Lambaro, Ingin, Aceh Besar segera menyerahkan diri. 

Baca juga: LP Banda Aceh rusuh, seratusan napi kabur
Baca juga: 20 napi ditangkap 93 lagi masih buron

"Kami minta dalam waktu 3x24 warga binaan segera menyerahkan diri ke kita, agar tidak terjadi hal yang tidak baik," pinta orang nomor satu dijajaran Kepolisian Aceh itu. 

Dia mengaku pengamanan di LP Kelas II A Lambaro, Aceh Besar belakangan ini cukup baik, namun terkait kabur atau melarikan diri 113 warga binaan pada Kamis (29/11) sore pihaknya akan mengevaluasi kembali pengamanannya. 

"Ya selama Kalapas ini pengamanannya cukup baik, ya mungkin ada sedikit yang perlu dibenahi," ujar Kapolda Aceh. 

Warga binaan yang melarikan diri itu kata Kapolda Aceh, merupakan pindahan dari Lembaga Permasyarakatan di daerah dan pihaknya akan terus melakukan pengerajaran. 

Baca juga: Polisi tangkap empat napi ratusan lainnya buron
Baca juga: Gadis Aceh meninggal di Malaysia telah tiba

"Kami akan terus melakukan pengajaran dan kami berharap para keluarga mengantar warga binaan yang melarikan diri ke kami agar tidak mempengaruhi masyarakat lainnya," pungkas Kapolda Aceh. 

Warga binaan yang ditempatkan di LP Kelas II A, Lambaro, Aceh Besar diketahui berjumlah 720 orang. Ke-113 warga binaan itu melarikan atau kabur melalui jendela depan dan pagar belakang. 

Hingga kini puluhan petugas masih berjaga-jaga di LP Kelas II A Lambaro, Aceh Besar dan kondisi dilapangan pun masih kondusif.
   

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018