Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh menyatakan akan merekrut 1.265 sukarelawan demokrasi yang ditugaskan di seluruh provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Nantinya direkrut 1.265 sukarelawan demokrasi yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh," kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh Agusni A.H. di Banda Aceh, Senin.

Agusni menyebutkan perekrutan sukarelawan demokrasi dilakukan di masing-masing KIP kabupaten/kota di Aceh. Setiap kabupaten/kota, akan direkrut 55 sukarelawan demokrasi.

Sukarelawan demokrasi, kata Agusni, bekerja mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum anggota legislatif maupun pemilihan umum presiden pada tanggal 17 April mendatang.

"Kehadiran sukarelawan demokrasi akan membantu penyelenggara meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019," kata Agusni.

Dari 55 sukarelawan demokrasi yang direkrut di setiap kabupaten/kota, lanjut dia, mereka akan dikelompokkan dalam beberapa kategori. Misalnya, kategori disabilitas, warganet, maupun komunitas tertentu.

Setiap kelompok, akan bekerja menyosialisasikan pemilihan umum kepada masing-masing komunitas. Tujuannya mengajak mereka menggunakan hak pilih.

"Saya berharap kehadiran sukarelawan demokrasi ini mampu meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Makin banyak pemilih, tentu makin berkualitas pesta demokrasi tersebut," pungkas Agusni A.H.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019