Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) melakukan pembersihan objek pantai wisata di kawasan Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Selasa (19/3).

Pembersihan ini melibat ratusan warga sekitar yang dibantu oleh petugas dari intansi terkait maupun TNI dan Polri.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk menciptakan lokasi pantai wisata yang bersih, agar wisatawan yang berkunjung ke Aceh Barat semakin lebih ramai," kata Pj Kadisbudparpora Zulkarnain kepada Antara.

Ia menjelaskan, pembersihan tersebut dilakukan untuk menciptakan ikon wisata halal di Aceh Barat, sebagai cerminan daerah yang berbudaya islami dan adat istiadat Aceh yang kental dalam kehidupan sehari-hari.

Gerakan pembersihan yang dimotori lembaga tersebut juga bertujuan untuk mencipatakan lokasi wisata yang sehat, bersih dan nyaman agar potensi wisata alam yang terdapat di kabupaten itu semakin maju dan berkembang.

Dengan berkembangnya wisata, diharapkan perekonomian masyarakat di kawasan ini juga semakin mengalami peningkatan.

Selain dilakulan secara manual, pembersihan pantai di sepanjang lokasi wisata tersebut juga melibatkan beberapa alat berat dan armada sampah milik pemerintah daerah.

"Objek wisata Pantai Lhok Bubon ini merupakan salah satu andalan wisata pantai di Aceh Barat," tutur Zulkarnain.

Bupati Aceh Barat H Ramli MS yang diwakili Asisten I Setdakab, Mirsal SSos MSP dalam sambutannya mengatakan langkah ini merupakan bentuk kampanye untuk menjaga kebersihan, khusuanya di Pantai Lhok Bubon dan seluruh lokasi wisata yang ada di kabupaten setempat.

"Jika semua tertata dengan baik, insya Allah kawasan pantaai ini bisa menjadi lokasi wisata yang lebih terkenal. Tidak hanya di Aceh Barat, tapi juga di luar Aceh," katanya.

Dengan terciptanya kawasan wisata yang bersih, pemerintah daerah berharap dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara, serta sebagai wujud penerapan nilai-nilai Islam dalam pengembangan wisata halal di Aceh Barat.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019