Ribuan anak sekolah dari semua jenjang pendidikan di Kota Banda Aceh mengikuti pawai memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Seremoni pelepasan peserta pawai ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Minggu.

Peserta pawai mulai anak usia dini hingga sekolah menengah atas mengenakan pakaian muslim. Sebagian di antaranya ada yang mengenakan pakaian adat Aceh.

Selain pakaian muslim, peserta pawai tingkat sekolah menengah atas menampilkan kendaraan hias seperti masjid, kabah, bahkan ada yang membawa keranda jenazah.

Rute pawai untuk anak usia dini mulai dari Lapangan Blangpadang menuju Pendopo Gubernur Aceh dan berakhir di Museum Aceh. Jarak rute sekitar satu kilometer.

Sedangkan peserta pawai anak sekolah menengah, baik pertama maupun atas dari Lapangan Blangpadang, Pendopo Gubernur Aceh, berlanjut Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape, Bundaran Simpang Lima, dan kembali ke Lapangan Blangpadang.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak masyarakat menjadikan tahun baru Islam 1 Muharram sebagai momentum introspeksi diri agar menjadi lebih baik dan islami di masa mendatang.

"Sambut tahun baru hijriah dengan membuka lembaran baru. Serta merayakan perayaan tahun baru Islam dengan kegiatan positif," kata Aminullah Usman.

Wali Kota juga mengapresiasi panitia yang telah melaksanakan pawai 1 Muharram yang diikuti ribuan anak sekolah, mulai jenjang pendidikan usia dini hingga menengah atas.

"Pawai ini mengajak anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa untuk lebih mencintai kegiatan-kegiatan Islami serta menjadi insan qurani," kata Aminullah Usman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019