Ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan kegiatan bincang pagi dengan Bupati Akmal Ibrahim di cafee Lauser Hotel Blangpidie, Senin.

Acara yang dilaksanakan oleh Komunitas Bisnis Andalan Rakyat (Kobar) Abdya tersebut juga menghadirkan pemateri M Aminsyah, pengusaha sukses memasarkan produk makanan ringan di Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Ilham Habibie komitmen bantu lahirkan KEK Surin bersyariah di Abdya

Aminsyah yang merupakan putra asli Kecamatan Kuala Batee, Abdya yang telah jadi pengusaha sukses itu di sela-sela minum kopi pagi dengan seratusan pelaku UKM menjelaskan tentang strategi memasarkan produk.

"Menciptakan produk berkualitas, membuat kemasan menarik, membuat nama merk produk yang bagus sangat penting dilakukan untuk kesukseskan saudara-saudara menjadi pengusaha,” katanya.

Baca juga: SISC minta dukungan Bank Indonesia jadikan KEK Surin, Abdya

Sejumlah peserta pada acara bincang pagi itu meminta Pemkab Abdya untuk memberikan pelatihan tentang tatacara pemasaran produk secara online khusus untuk para pelaku UMKM Abdya, karena selama ini banyak produk yang diciptakan oleh pelaku pemasarannya masih terbatas.

Bupati Akmal Ibrahim menyambut baik permintaan palaku usaha tersebut, bahkan Pemkab Abdya melalui Disperindagkop telah menyiapkan dua unit mesin pembuatan kue (roti) dan satu unit mesin packing kardus dan kemasan untuk memudahkan para pelaku usaha di Kabupaten Abdya.

"Insyaallah tahun depan kita juga melakukan pengadaan mesin digital pencetak bungkusan, pencetak label produk dan mesin lainnya agar produk-produk milik pelaku UMKM di Kabupaten Abdya ini bisa bangkit untuk dipasarkan keluar daerah,” ujarnya. 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019