Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan sistem pembayaran dengan menggunakan setoran nontunai atau cashless dapat menghindari penyimpangan dalam penerimaan daerah.

"Pemerintah Aceh saat ini sudah menggunakan sistem cashless atau setoran nontunai, jadi bukan lagi dengan uang kas atau setoran tunai. Kami mengimbau tidak ada pihak yang melakukan penyimpangan terhadap pajak, karena penerimaan dari sektor tersebut akan sepenuhnya untuk kegiatan pembangunan," kata Nova di Aceh Tengah, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meresmikan Kantor Samsat Aceh Tengah yang turut didampingi Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh dan Kabupaten Aceh Tengah.

Ia menjelaskan pendapatan negara yang paling dominan adalah pajak salah satunya adalah pajak kenderaan bermotor yang menjadi andalan pemerintah.

"Petugas pajak sebagai pahlawan pembangunan, karena pendapatan dari pajak dapat sepenuhnya dipakai untuk mendukung kegiatan pembangunan," katanya.

Nova juga meminta kepala UPTD untuk bekerja sama dengan kepolisian untuk optimalisasi pajak dan penerimaan daerah.

"Sistem Administrasi Satu Atap adalah superteam yang memadukan kerjasama pemerintah provinsi dan kabupaten kota dan pihak kepolisian. Tim inilah yang berhasil dan optimal dalam meningkatkan sumber pendapatan pemerintah dan kami meyakini fasilitas ini menjamin untuk memberikan layanan yang baik dimana masyarakat memberikan pendapatan ke daerah," katanya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020