Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan memfokuskan peningkatan kualitas pendidikan pada tahun 2021 sesuai dengan yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMK).

"Peningkatan kualitas pendidikan, terutama berbasis keagamaan dalam rangka pelaksanaan 'Gerbang Permata' atau gerakan pembangunan pendidikan, agama dan fasilitas ibadah," kata Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb di Calang, Selasa (10/3).

Baca juga: HUDA harus mampu majukan pendidikan Islam di Aceh Jaya

Bupati mengatakan hal itu dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Mustafa pada saat pembukaan acara Forum konsultasi publik rancangan awal RKPK Kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 di aula lantai III Setdakab setempat.

Namun demikian pelaksanaan arah kebijakan tersebut tetap harus didukung oleh peningkatan keberlanjutan pembangunan sektor lainnya, yaitu ekonomi, infrastruktur, kesehatan dan pelayanan pemerintah yang baik.

Baca juga: Tgk Kafrawi jabat Ketua DPD BKPRMI Aceh Jaya

Irfan menuturkan selama kurun waktu sejak dimekarkan dari Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2002, banyak capaian pembangunan yang sudah dicapai, baik dari segi peningkatan insfrastruktur maupun upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, penyusunan RKPK Kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 harus lebih cermat dan terintegrasi, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Aceh Jaya.

Ia menambahkan bahwa secara umum pembangunan Aceh Jaya pada tahun 2021 mengusung tema “percepatan pembangunan berkualitas melalui pendidikan berdaya saing yang di dukung oleh infrastruktur terintegrasi dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan” dengan menetapkan 5 (lima) prioritas pembangunan.

Yaitu, Peningkatan kualitas sumber daya manusia, Penguatan Dinul Islam, Pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan ekonomi daerah, infrastruktur terintegrasi dan berkelanjutan serta peningkatan profesionalisme pelayanan publik.

"Kami sangat mengharapkan saran dan pendapat dari seluruh peserta forum konsultasi publik ini, sehingga rencana pembangunan tahun 2021 yang akan disusun mampu menjawab permasalahan pembangunan yang masih kita rasakan demi kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya," kata Irfan Tb.

Pada kesempatan tersebut Irfan Tb juga berharap kepada seluruh peserta untuk dapat serius dan fokus selama pelaksanaan forum konsultasi publik ini, agar dapat menghasilkan rumusan RKPK Kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 yang sesuai dengan harapan.

"Kontribusi pemikiran semua pihak, kami sangat harapkan guna menyempurnakan proses perencanaan Kabupaten Aceh Jaya yang lebih baik, relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat," kata Bupati Aceh Jaya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020