Bupati Aceh Barat H Ramli MS menegaskan pemerintah daerah berencana menganggarkan dana insetif kepada paramedis yang terlibat langsung dalam menangani pasien kasus corona (COVID-19).

“Saya melihat sudah sepantasnya mereka (paramedis dan dokter) dibantu karena mereka sudah mempertaruhkan nyawa mereka sendiri dalam menghadapi COVID-19,” kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Rabu (1/4).

Namun, ada pun besaran dana insetif tersebut saat ini masih dilakukan kajian oleh pemerintah daerah, sehingga nantinya dana yang akan disalurkan tersebut sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Ia juga mengakui peran dari paramedis di Aceh Barat dalam menangani pasien diduga terinfeksi virus corona sangat besar, dan sudah sepatutnya diapresiasi.

Meski belum ada masyarakat Aceh Barat yang terinfeksi corona, ia mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menghindari kerumunan, menerapkan pola jarak sosial (social distancing), serta mematuhi imbauan dari pemerintah terkait pemberlakuan jam malam.

“Penanganan COVID-19 di Aceh Barat wajib mengacu ketentuan nasional dan Peraturan Presiden. Hal ini juga sudah dimplementasikan di lapangan oleh Pemkab Aceh Barat,” kata Ramli MS menegaskan.

Ia juga meminta kepada Gugus Tugas COVID-19 Aceh Barat agar segera mengambil solusi, untuk bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak COVID-19, seperti pemberian bantuan sembako kepada orang dalam pengawasan (ODP) dan sedang dalam masa karantina.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020