Anggota TNI di berbagai jajaran Kodim di wilayah Kodam Iskandar Muda Provinsi Aceh melakukan donor darah untuk disumbangkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) untuk selanjutnya disalurkan kepada yang berhak atau masyarakat yang memerlukan.

Seperti di jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya bekerjasama dengan Unit Donor Darah UDD PMI Kota Banda Aceh dan PMI Aceh Jaya melaksanakan kegiatan donor darah di Makodim setempat Desa Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (7/4).

Dalam kegiatan donor darah tersebut Kodim 0114 Aceh Jaya berhasil mengumpulkan sebanyak 81 kantong darah dari pendonor.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan darah pada PMI Kota Banda Aceh selama pandemi COVID-19.

"Kita ingin membantu memenuhi kebutuhan darah pada PMI Kota Banda Aceh. Selama pademi COVID-19 ini PMI Kota Banda Aceh sangat membutuhkan tambahan persediaan darah," kata Dandim.

Dandim pada kesempatan ini juga mengajak masyarakat agar di masa yang akan datang turut serta menyumbangkan darahnya dan tidak perlu takut.

Sementara itu Kepala UDD PMI Kota Banda Aceh dr Ratna Sari Deri mengakui selama pandemi COVID-19 persediaan darah berkurang dari biasanya akibat adanya imbauan kepada masyarakat untuk tetap di rumah dalam rangka mencegah penularan virus corona namun dibalik itu banyak pasien di rumah sakit yang masih membutuhkan darah setiap saat khususnya penyakit tertentu.

"Dalam situasi saat ini unit donor darah di Banda Aceh bahkan seluruh Indonesia mengalami hal yang sama yaitu stok yang menurun, sementara banyak pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah. Kepada masyarakat jangan takut mendonorkan darahnya karena kita mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan," ujar dr Ratna.

Amatan di lokasi kegiatan donor darah ini turut dihadiri oleh Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlan  Amir, anggota TNI - Polri, PNS hingga masyarakat sekitar.
Anggota TNI Detasemen Arhanud Rudal 001/CSBY mendonorkan darahnya di Aula Suudil Qolick Denarhanud-001/CSBY di Kecamatan Dewantara, Senin (6/4/2020) ANTARA/HO

Sementara kegiatan sosial yang sama juga dilakukan puluhan prajurit dari Detasemen Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Rudal 001/CSBY memupuk solidaritas melalui bakti sosial kemanusiaan donor darah. Kegiatan yang bekerjasama dengan PMI Kota Lhokseumawe tersebut menghasilkan 70 kantong darah.

Bakti sosial donor darah itu diselenggarakan di Aula Suudil Qolick Denarhanud-001/CSBY di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara, Senin (6/4).

Dandenarhanud-001/CSBY Mayor Arh Fredy Jaguar melalui Pasi Intel Ops Kapten Arh Eka Yudi Pradika mengatakan mendonorkan darah secara tidak langsung sudah menjadi keharusan bagi setiap personel TNI karena berdonor darah merupakan bagian dari sebuah pengabdian seorang prajurit.

"Kegiatan donor darah ini sudah sering dilakukan oleh personel Denarhanud-001/CSBY, tidak hanya sekali akan tetapi secara berkala dan sudah menjadi rutinitas," kata Eka di Lhokseumawe, Selasa (7/4).

Dikatakan Eka, kegiatan bakti sosial kemanusiaan donor darah tersebut adalah bertujuan untuk membantu persediaan darah sewaktu-waktu dapat digunakan untuk rakyat yang membutuhkannya.

"Donor darah ini juga merupakan bagian dari pengabdian prajurit kepada bangsanya," katanya.

Kemudian, kata dia, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan TNI dengan rakyat. Dan juga salah satu upaya untuk terus meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama.

"Darah yang disumbangkan ini sangat berharga bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan dan juga menjadi sarana hubungan harmonis antara TNI dengan rakyat," kata Eka.

Pewarta: Arif Hidayat dan Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020