Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat melatih ratusan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Barat, sebagai calon pemilih pemula guna memberikan pendidikan dan semangat demokrasi bagi generasi muda di daerah itu.

“Sosialisasi yang kita lakukan pada hari ini, merupakan bagian penting dari proses pembelajaran bagi siswa madrasah. Karena mereka nantinya akan menjadi pemilih pada tahun pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,” kata Ketua KIP Kabupaten Aceh Barat Teuku Novian Nukman di Meulaboh, Sabtu.

Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa bahwa pentingnya proses demokrasi di Tanah Air.

Selain itu, sosialisasi tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa bahwa pentingnya pemilihan umum (pemilu) yang digelar setiap lima tahun sekali.

Meski kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara e-voting guna memilih calon Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) MTsN 3 Aceh Barat, namun semangat para siswa mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias.

“Kita harapkan proses (sosialisasi pemilih pemula) seperti ini diharapkan agar dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah lain di Aceh Barat, sehingga dapat memberikan pentingnya semangat demokrasi bagi generasi muda,” kata Teuku Novian Nukman.

Sementara itu Kepala MTsN 3 Aceh Barat Al-Munawar Khalil mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan bersama KIP Aceh Barat tersebut juga bertujuan agar para siswa dapat memilih calon pemimpin, sesuai dengan pilihan dan hati nurani masing-masing sesuai keinginan diri sendiri.

Kegiatan tersebut, kata dia, juga bertujuan untuk mendidik para siswa dan siswi menggunakan teknologi dalam memilih calon pemimpin di sekolah, melalui e-voting untuk memberikan hak suaranya.

Meski dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, sosialisasi tersebut dilakukan dengan penerapan protokol yang ketat di sekolah, demikian Al-Munawar Khalil.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021