Bupati Kabupaten Pidie, Aceh Roni Ahmad berkomitmen untuk melakukan pengambangan potensi sektor kelautan dan perikanan di daerahnya yang begitu besar, namun belum terkelola dengan baik.

Sebagai bentuk keseirusan, Roni Ahmad juga telah mengangkat Koordinator Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Prof Rokhmin Dahuri untuk menjadi ketua tim penasihat Bupati Pidie bidang perikanan dan kelautan, melalui surat keputusan bupati.

“Tujuannya agar pengembangan sektor kelautan dan perikanan lebih berdaya saing dan tepat sasaran, yang tentunya didasarkan atas kajian komprehensif dengan pendekatan kearifan lokal,” kata Roni Ahmad dalam keterangan yang diterima di Banda Aceh, Jumat.

Pada Agustus 2020 lalu, kata bupati yang akrab disapa Abusyik itu, tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpin Prof Rokhim Dahuri juga telah meninjau lokasi pembangunan infrastruktur kolam labuh atau pusat pelelangan ikan (PPI) Pidie.

Menurut dia, banyak potensi perikanan dan laut di wilayahnya yang belum tersentuh dengan baik, sehingga diharapkan Mantan Menteri KKP era Presiden RI Megawati Sukarno Putri itu menjadi ujung tombak dalam mengomunikasikan visi besar pengembangan sektor perikanan dan kelautan Pidie di tingkat nasional.

Prof Rokhmin Dahuri punya latar belakang pengalaman yang panjang sebagai akademisi dan menteri, yang sangat dibutuhkan oleh Pemkab Pidie, katanya.

Sementara itu, Prof Rokhmin Dahuri mengatakan Pidie memiliki potensi besar di sektor kelautan dan perikanan budi daya, namun belum didukung dengan infrastruktur yang baik.

"Sektor ini sangat potensial, maka harus diperkuat sampai bisa memberikan kesejahteraan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat," ujarnya.

Ia menyatakan kesiapannya untuk memperkuat sinergi dengan leading sektor maupun lintas kementerian. Menurut dia, Pidie membutuhkan bantuan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk terus melakukan pengembangan.

"Kabupaten Pidie butuh suntikan dana dari APBN, oleh karena itu, soal kebutuhan sarana dan prasarana nanti akan kita sempurnakan,” kata Rokhmin.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021