Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simeulue, Mulyawan Rohas mengatakan kehadiran Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 dapat mengurai antrian kendaraan dari Simeulue dan sebaliknya.

“Alhamdulillah dengan hadirnya KMP Aceh Hebat 1 ini  dapat memudahkan dan mengurangi antrian kendaraan baik dari Simeulue dan sebaliknya,” kata Mulyawan di Calang, Selasa.

Baca juga: Gubernur lepas jangkar KMP Aceh Hebat I berlayar menuju Simeulu

Pernyataan itu disampaikannya saat menjadi penumpang perdana KMP Aceh Hebat 1 yang pelepasannya dilakukan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pelabuhan Calang.

Ia menjelaskan selama ini kendaraan yang hendak ke Simeulue atau kembali dari Simeulue harus antri dua hingga tiga hari dan kehadiran KMP Aceh Hebat sangatlah membantu arus lalu lintas kendaraan dan barang ke Pulau Simeulue.

Baca juga: Gubernur Aceh antar langsung KMP Aceh Hebat 1 ke Simeulue

Kemberangkatan perdana KMP Aceh Hebat 1 ke Pelabuhan Solok, Pulau Simeulue mendapatkan antusiasme yang tinggi dari penumpang. 

Pelepasan keberangkatan KMP Aceh Hebat 1 tersebut turut dihadiri Sekda Aceh, Taqwallah, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Harry Muhammad Adhi Caksono, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, Kepala BPKA, Bustami, Inspektur Aceh, Zulkifli dan Kepala Biro Humas Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

Baca juga: KMP Aceh Hebat 2 mulai pelayaran perdana Banda Aceh-Sabang

Nurma salah satu penumpang kapal mengaku, keberadaan KMP Aceh Hebat sangat membantu dan memiliki fasilitas yang sangat nyaman.

“Alhamdulillah fasilitas yang ada sangat nyaman termasuk tempat tidur dan fasilitas lainnya,” katanya.

Sebelumnya Kapal Ferry KMP Aceh Hebat 1 telah melakukan uji sandar ke Pelabuhan Kolok Sinabang pada awal Februari lalu. Saat itu, Gubernur ikut langsung perjalanan selama 12 jam tersebut.

Kapal Aceh Hebat 1 ini merupakan satu dari tiga kapal Ferry Ro-Ro yang dipesan dari tiga galangan berbeda sejak Oktober 2019 lalu. Dan kapal ini merupakan yang terbesar, karena jarak tempuhnya juga cukup jauh.

Ada beberapa keistimewaan yang disebut dimiliki Kapal Ferry Aceh Hebat 1 ini. Selain ukurannya yang cukup besar kapal tersebut memiliki panjang 70 meter dan lebar 15 meter dan fasilitasnya juga cukup lengkap sehingga mampu menghadirkan sarana transportasi laut yang nyaman bagi masyarakat. Kapal tersebut mampu mengangkut 250 penumpang dan 33 unit kendaraan campuran.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021