Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah merampungkan surat keputusan kenaikan pangkat (SKKP) 502 aparatur sipil negara (ASN) melalui kegiatan konsinyering penyelesaian kenaikan pangkat bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XIII Aceh di Takengon, Aceh Tengah.

Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal, Rabu, mengatakan tim berhasil menyusun berkas kenaikan pangkat 502 ASN tersebut selama kegiatan konsinyering berlangsung, dalam waktu tiga hari. Pihaknya juga telah meluncurkan aplikasi pelayanan informasi kepegawaian 2020 (APIK-20) guna meningkatkan pelayanan kepegawaian.

"Banyak keluhan kenaikan pangkat, atas dasar itulah kami berfikir, kita harus mengatasi dan mempercepat agar bisa ditangani dan tidak ada keluhan dari pegawai," kata Iqbal dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Ia mengatakan konsinyering kenaikan pangkat ASN merupakan program yang diinisiasi sebagai upaya transformasi manajemen kepegawaian di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh.

"Kegiatan ini diharapkan adanya perubahan di lingkungan Kemenag Aceh, dengan berbagai upaya, agar manajemen kepegawaian terlaksana dengan sebaik-baiknya, baik mutasi dan kenaikan pangkat,” katanya.

Selama ini, menurut Iqbal proses pengurusan pangkat bagi setiap ASN membutuhkan waktu yang lama.

Oleh sebab itu, kata dia, aplikasi itu diluncurkan guna meningkatkan pelayanan dan memudahkan para ASN lingkungan Kemenag Aceh dalam pengurusan administrasi kepegawaian serta memangkas birokrasi.

"Jika selama ini pengurusan kepangkatan harus membutuhkan waktu yang lama, mulai dari pengurusan berkas dan lain sebagainya, kemudian dari segi biaya misalnya ada yang dari jauh tentunya sangat menguras energi dan biaya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BKN Regional XIII Aceh Ojak Murdani mengapresiasi kegiatan konsinyering bersama Kanwil Kemenag Aceh tersebut, yang diharapkan dapat terciptanya kerja cepat, tepat dan akuntabel.

"Saat ini, pelayanan harus berkiblat ke arah teknologi, dengan teknologi akan tercipta sistem kerja yang transparan, cepat, tepat dan menghindari KKN," kata Ojak.

"BKN sendiri sangat siap bersinergi antara kedua instansi demi meningkatkan kinerja pelayanan kepegawaian di jajaran Kanwil Kemenag Aceh," katanya lagi.

 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021