Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan penambahan 209 kasus baru warga provinsi itu yang terinfeksi virus corona per hari ini, sehingga total kasus secara akumulatif telah mencapai 15.663 orang.

"Kasus positif harian naik lagi 209 kasus, sehingga kasus aktif pun meningkat menjadi 3.070 orang," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Jumat.

Dia menjelaskan penambahan dua ratusan kasus baru itu paling banyak asal Banda Aceh 69 orang, Aceh Besar 33 orang, Aceh Timur 25 orang, Pidie 11 orang, Pidie Jaya 14 orang, Langsa 17 orang serta puluhan orang lainnya tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Saifullah mengatakan kasus aktif merupakan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih dalam perawatan, baik dalam perawatan rumah sakit rujukan maupun dalam proses isolasi mandiri, bagi orang tanpa gejala atau bergejala ringan. 

Menurut dia penderita COVID-19 dalam proses isolasi hendaknya menjalankan protokol isolasi secara disiplin agar tidak terjadi transmisi virus corona dalam keluarga atau muncul klaster baru dalam suatu daerah.

Satgas COVID-19 gampong maupun petugas pos komando COVID-19 gampong hendaknya mendukung penuh proses isolasi itu agar mereka segera pulih, katanya.

“Orang dalam isolasi juga membutuhkan dukungan, selain pengawasan sehingga masa isolasi itu dapat dijalani dengan baik," katanya lagi

Satgas COVID-19 Aceh juga meminta masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Selain penambahan kasus baru, kata dia, per hari ini juga terjadi penambahan 39 orang pasien yang sembuh meliputi warga Banda Aceh 17 orang, Lhokseumawe dan Bireuen masing-masing tujuh orang serta beberapa orang lainnya tersebar di sejumlah daerah.

"Penderita COVID-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir juga bertambah sembilan orang yakni warga Aceh Besar tiga orang dan sama-sama satu orang warga asal Aceh Timur, Aceh Barat, Aceh Utara, Simeuleu, Banda Aceh serta Lhokseumawe," katanya.

Secara akumulatif kasus COVID-19 di daerah Tanah Rencong telah mencapai 15.663 orang, di antaranya penyintas yang sudah sembuh 11.978 orang, penderita yang sedang dirawat 3.070 orang dan kasus meninggal dunia sudah mencapai 615 orang.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021