Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menyembelih sebanyak 220 ekor hewan kurban pada Idul Adha 1442 Hijriah. 

"Alhamdulillah semangat pegawai kita di semua SKPK untuk berkurban tidak berkurang meski di tengah pandemi COVID-19. Malah jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: PIM salurkan 23 ekor hewan kurban kepada masyarakat

Aminullah Usman mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh yang telah melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 1422 Hijriah.

Sebanyak 220 hewan kurban dari pegawai Pemko Banda Aceh itu meliputi 177 ekor sapi dan 43 ekor kambing. Selain untuk internal pemko, daging kurban tersebut juga dibagikan kepada seluruh masyarakat, terutama yang kurang mampu.

Baca juga: Perusahaan migas salurkan hewan kurban untuk masyarakat Aceh Timur

Aminullah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai di setiap SKPK yang telah menunaikan ibadah sunnah muakkad tersebut . 

"Mari kita jadikan momen berkurban untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Semoga, amal ibadah kita semua akan diterima oleh Allah SWT," ujarnya.

Baca juga: PLN UIW Aceh potong 57 ekor hewan kurban

Aminullah menyampaikan, penyelenggaraan ibadah kurban, baik oleh pemko maupun yang dilakukan masyarakat di gampong-gampong (desa) telah diatur dalam koridor protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 yang ketat demi kemaslahatan bersama.

Tatalaksana kurban kali ini sebagaimana diatur dalam instruksi wali kota, antara lain pemotongan hewan kurban hanya boleh dilakukan oleh panitia pemotongan hewan kurban dan disaksikan oleh orang yang berkurban saja. 

Untuk pendistribusian daging kurban, kata Aminullah, dilakukan oleh panitia kepada warga yang tinggal di sekitar kantor dinas masing-masing. Tujuannya untuk meminimalkan kontak fisik satu sama lain. 

Alhamdulillah pelaksanaan kurban tahun ini berjalan khidmat dan lancar dengan penerapan prokes yang ketat," kata Aminullah.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021