Banda Aceh, 11/2 (Antaraaceh) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Daya menyerahkan 44 unit traktor tangan kepada kelompok tani di daerah setempat.

"Bantuan traktor ini bertujuan untuk mendukung peningkatan produksi dan program swasembada pangan yang telah dicanangkan secara nasional," kata Kepala Distannak Abdya Maswadi di hubungi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan puluhan unit traktor tangan yang diserahkan secara simbolis oleh Asisten II Setdakab Abdya M Nafis A Manaf merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari APBN.

"Kami berharap kelompok tani yang sudah mengambil traktor tangan untuk dapat di manfaatkan seoptimal mungkin dalam menggarap lahan pertanian untuk musim tanam tahun ini," katanya.

Menurut dia, dengan adanya bantuan traktor tangan itu akan memudahkan setiap kelompok tani untuk menggarap kawasan pertanian dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraaan petani.

Maswadi juga menyarankan agar kelompok tani yang belum mendapatkan traktor dapat meminjam pakai pada kelompok lainnya dengan membuat kesepakatan bersama terhadap penggunaan alat tersebut.

"Dinas hanya mengawasi, selama antar kelompok saling sepakat meminjamkan traktor tangan untuk menggarap lahan pertanian," katanya.

Selain bantuan dari APBN, Distannak Abdya juga akan memberikan bantuan tujuh unit traktor tangan dan enam mesin pompa air untuk kelompok tani yang tidak mendapat bantuan dari APBN.

Ia mengatakan bantuan tuuh unit traktor dan mesin pompa air untuk sektor pertanian itu bersumber dari dana otonomi khusus dan barang tersebut akan disalurkan oleh pemerintah provinsi.

Pihaknya meyakini dengan meningkatnya pemahaman petani dan sarana teknologi yang memadai akan mampu meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani di kabupaten setempat.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015