Meulaboh (ANTARA Aceh) - Education for All (EFA) atau pendidikan untuk semua adalah suatu komitmen bersama yang telah dideklarasikan oleh para pemimpin dunia pada Konferensi Pendidikan Dunia tahun 1990.

EFA juga menjadi salah poin dari Millenium Development Goals (MDGS)  yang dijadikan sebagai blue print dalam mengurangi salah satu masalah dunia yaitu  kemiskinan.

Untuk itu sangatlah wajar kalau pendidikan itu merupakan hak asazi manusia  yang memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan suatu bangsa (UNFPA,2005).

Selanjutnya, level pendidikan seseorang memberikan pengaruh terhadap kedudukan dan pengakuan seseorang. Lebih jelasnya, semakin tinggi pendidikan tinggi seseorang, semakin tinggi pula dia mendapatkan pengakuan dari masyarakat.  

Hal ini juga telah dikuatkan oleh Sang Khalid yang dalam salah satunya firman-Nya yang meninggikan derajat orang yang berilmu dengan beberapa derajat.

Karenanya,  pendidikan adalah aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam aspek kehidupan manusia baik secara personal mahupun sosial. Namun, ketidaksamaan standar pendidikan masih  menjadi sebuah masalah yang yang utama yang perlu dicarikan solusinya.

Selanjutnya, pendidikan memberikan dampak positif bagi kehidupan seseorang. Setiap orang perlu belajar dan hanya dengan kemajuan pendidikan, orang bisa mendapatkan pengetahuan dan memperdalam  pemahaman mereka terhadap dunia.

Sebagai contoh, belajar melalui TV atau membaca buku-buku akan memberikan kita banyak pengetahuan  tentang apa saja yang kita minati seperti bidang ekonomi, politik budaya dan lain dan sebagainya.

Jelasnya bisa dikatakan bahwa manusia akan menjadi lebih berguna dan beradab jika mereka terdidik. Di daerah-daerah dimana penduduknya tidak mampu mendapatkan pendidikan yang layak.

Kehidupan mereka akan menjadi berbeda dan malah memprihatinkan kalau dibandingkan dengan daerah atau negara yang memberikan kesempatan yang begitu besar kepada penduduknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak (GCFA,2004).
Sebagai tambahan,pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam masyakat kita karena akan sulih dibayangkan kalau hidup tanpa pendidikan.

Hal ini disebabkan karena pendidikan tidak hanya membantu manusia atau masyarakat dalam mengembangkan lingkungan yang sehat tetapi juga menjadi garda terdepan dalam menggerakkan kemajuan masyarakat.  

Akibatnya, semua yang kita ciptakan hari ini tentunya berdasakan pendidikan yang kita dapatkan dalam hidup kita. Pendidikan juga membantu para ilmuwan dalam menemukan perlengkapan dan peralatan yang dihasilkan dari technology yang tinggi saat ini.
Oleh karena itu sangatlah masuk akal kalau ada beberapa pakar yang mengatakan bahwa semakin berkembangnya kehidupan akan menjadikan pendidikan itu menjadi lebih penting bagi manusia.

Walaupun pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita, pemerataan pendidikan masihlah menjadi masalah. Untuk itu perlulah strategi yang disusun untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tanpa pendidikan, kehidupan yang dijalani bagaikan ‘bencana yang direncanakan’. Sebagai tambahahan, masih ada sejumlah tempat di Indonesia di mana penduduknya masih belum mendapatkan pendidikan.

Tentunya hal ini sangat ironis karena bukan Negara kita sudah menjamin bahwa setiap warganya berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang layak? (UUD 1945, pasal 31).

Oleh karena itu, sangatlah wajar bagi kita yang sudah mendapatkan akses pendidikan Untuk membantu saudara –saudara kita yang belum mendapatkannya. Terlebih lagi bagi anak-anak yang bisa dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Bukankah setiap anak perlu diberikan kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan? Hal ini tidak lain karena masa depan negara kita akan berada dipundak mereka.

Untuk itu sangatlah perlu kita persiapkan generasi muda yang siap bersaing baik level nasional mahupun international demi meningkatkan martabat bangsa.

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini pemerintah Indonesia begitu peduli dengan peningkatan mutu pendidikan bangsa. Hal ini dilakukan karena peningkatan pendidikan diyakini bisa menjadi salah satu aspek yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia saat ini.

Salah satu upaya nyata yang diberikan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan menyediakan sejumlah bantuan dana pendidikan dan beasiswa kepada putera-puteri bangsa yang ingin melanjutkan studinya baik di dalam mahupun di luar negeri.

Dengan adanya bantuan dana pendidikan dan beasiswa menunjukkan bukti yang nyata dari kepekaan pemerintah kita dalam pendidikan dan memberikan keyakinan kepada warganya bahwa pendidikan itu adalah hak semua warga dan akses haruslah merata.

Dengan adanya akses pendidikan yang merata, akan semakin banyak rakyat yang terdidik yang sendirinya akan memberikan pengaruh positif dalam membangun bangsa dan mengeliminasi masalah-masalah kronis yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.

Pewarta: Oleh Erizar, M.Ed

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015