Ratusan nelayan di Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, sejak tiga hari terakhir tidak melaut akibat cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi di perairan barat dan selatan Aceh yang mencapai 4 meter.

“Kami terpaksa tidak melaut karena kondisi cuaca yang sangat buruk dan membahayakan keselamatan,” kata Ikbal, seorang nelayan di Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Senin.

Ia mengatakan, dampak dari tingginya gelombang juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat meter sangat sulit untuk mencari ikan.

Karena tidak bisa beraktivitas, kata dia, hal ini berimbas pada ketersediaan ikan segar di pasar karena nelayan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMK) Stasiun Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, Senin menyebutkan ketinggian gelombang di perairan barat selatan Aceh diperkirakan mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

“Waspada untuk potensi gelombang tinggi,” kata prakirawan Stasiun BMKG Nagan Raya, Aceh, Rahmat Zikri dalam keterangan tertulis diterima di Meulaboh.

Selain tingginya gelombang, masyarakat juga diimbau agar mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang di wilayah pantai barat selatan Aceh, tuturnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022