Sejumlah bangunan peninggalan sejarah yang berada di perkarangan Markas Komando Lanal Sabang dinilai memiliki nilai jual tinggi bagi wisatawan kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

”Bangunan bersejarah di perkarangan Mako Lanal dapat dijadikan destinasi wisata sejarah bernilai jual tinggi dan menjadi sebuah story nomics, serta memberikan pengalaman kepada wisatawan,” katanya di Sabang, Selasa.

Ia menjelaskan untuk menghidupkan wisata sejarah tentu harus adanya kolaborasi dengan berbagai pihak, media termasuk juga masyarakat.

Menurut dia situs-situs dimaksud tersebar hampir di seluruh Kota Sabang dengan statusnya berbeda, baik dari kementerian, lembaga, TNI AL, serta dari kompleks-komplek yang jadi kewenangan desa.

Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiady mengatakan pihaknya siap menjadikan situs-situs tersebut sebagai objek wisata sesuai permintaan Pemerintah Kota Sabang.

Ia mengatakan kunjungan wali kota ke Mako Lanal menumbuhkan motivasi bagi mereka untuk menyiapkan program lebih lanjut pengembangan wisata terhadap situs sejarah baik peninggalan Belanda maupun Jepang.

“Insya Allah dengan arahan pak wali kota kita sebagai warga Sabang siap mendukung siap mendukung siap menyiapkan juga,” katanya.

Pihaknya membuka diri untuk dapat dikunjungi wisatawan, baik situs yang ada di komplek angkatan laut, maupun di lahan-lahan yang ada di luar komplek Mako Lanal Sabang.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022