Tazkia (13)  bocah penderita bocor jantung asal Desa Pante Raja Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya kembali ke Aceh usai operasi jantung selama enam bulan di Jakarta.

"Alhamdulillah Tazkia setelah dilakukan operasi bocor jantung yang dibantu pak Riefky ini sudah sembuh, dia berasal dari Aceh Barat Daya (Abdya)," kata Tenaga Ahli Teuku Riefky Harsya, Aidil Mashendra, di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan Tazkia ada kelainan jantung sehingga harus di operasi jantungnya dan  Tazkia dirawat selama enam bulan di Jakarta baru bisa dioperasi pada 1 bulan lalu  yaitu 8 Februari 2023.

“Tazkia di operasi di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta karena menderita bocor jantung VSD dan Tazkia sendiri disana sejak 10 September 2022 - 4 Meret 2023 hari ini sudah bisa pulang ,” katanya.

Tazkia merupakan murid kelas I di Abdya dan selama di Jakarta juga tetap aktif mengikuti sekolah secara daring baik itu ujian dan sekolah biasa serta juga telah meminta izin kepada pihak sekolah.

“Selama di sana mereka tinggal di Rumah jabatan anggota DPR RI Teuku Riefky Harsya. Ini juga salah satu program dari beliau mulai dari kami jemput dan sehat kami antar kembali ke kediamannya,” katanya.

Aidil Mashendra saat ini di Jakarta masih ada tiga orang  dari Abdya, Pidie dan Aceh Besar dan pihaknya juga sudah di perintah untuk menjemput kembali anak yang mengalami bocor jantung yang menunggu antrian.

“Antrian sudah 30 orang lebih dan kita akan melihat skala prioritas siapa yang lebih dulu berangkat ke Jakarta untuk dilakukan pengobatan dan itu tersebar dari seluruh  Aceh,” katanya.

Ia juga menjelaskan kalau Teuku Riefky Harsya selaku Wakil Ketua Komisi I DPR RI berkomitmen untuk membantu bocah bocor jantung di Aceh yang sangat membutuhkan bantuan apalagi tidak memiliki fasilitas dan tempat tinggal di Jakarta.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023