Sabang (ANTARA Aceh) - Kapal motor pelayaran (KMP-BRR)  melayani pelayaran Sabang - Banda Aceh dan sebaliknya, Sabtu (31/12)  sore tidak berlayar karena cuaca buruk melanda perairan di wilayah itu.

"Sore ini Kapal KMP BRR tidak diizinkan untuk berlayar dari Sabang tujuan Banda Aceh karena cuaca buruk," kata Syahbandar Kota Sabang Eko Pangmudi, seperti disampaikan anggotanya Jumsari di Pelabuhan Balohan Sabang, Sabtu.

Menurutnya kapal KMP BRR dijadwalkan berlayar dari Sabang tujuan Banda Aceh sore tadi sekitar pukul 17:00 WIB berhubung cuaca buruk pihaknya tidak mengeluarkan izin pelayaran tersebut.

"Ombaknya 2,5 sampai tiga meter, makanya tidak kita keluarkan izin pelayaran," sebutnya.

Ia mengakui meskipun penumpang sedang terjadi peningkatan, namun keselamatan dalam pelayaran lebih diutamakan dan jika cuaca tidak memungkinkan maka kesyahbandaran tidak mengizinkan kapal tersebut berlayar.

"Kita lebih mengutamakan keselataman dan jika cuaca buruk ya, tidak kita izinkan berlayar," katanya lagi.

Kemudian, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang Sabang Siswanto menyebutkan memasuki angin timur tinggi gelombang di perairan Sabang dan Aceh sekitar 2,5 meter.

"Tanggal 1 sampai 2 Januari prakiraannya gelombang laut mengalami kenaikan signifikan mencapai 2,5 meter diperairan Sabang dan Aceh," jelasnya.

Untuk itu, BKMG mengimbau kepada pengguna jasa pelayaran serta masyarakat nelayan mewaspadai potensi cuaca buruk tersebut.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017