Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengganti dua penjabat (Pj) kepala daerah di Aceh untuk masa kerja satu tahun yakni Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Utara.

"Iya benar, hari ini ba'da ashar Pj Gubernur akan melakukan pelantikan," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, di Banda Aceh, Jumat.

Muhammad MTA menyebutkan, adapun yang dilantik menjadi Pj Wali Kota Banda Aceh yaitu Sekda Pemko setempat Amiruddin. Sedangkan untuk Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar.


Baca juga: Mahyuzar akan dilantik sebagai Pj Bupati Aceh Utara

Untuk diketahui, nama Amiruddin sebelumnya juga masuk dalam usulan DPRK Banda Aceh dan Pj Gubernur Aceh sebagai calon Pj Wali Kota Banda Aceh yang diberikan kepada Mendagri.

Sedangkan, untuk Aceh Utara nama Mahyuzar sebelumnya tidak masuk dalam usulan Pj Bupati baik dari surat DPRK Aceh Utara maupun Pj Gubernur Aceh. Ia langsung ditetapkan oleh Mendagri.

Mahyuzar sendiri pernah menjabat sebagai Kepala Biro Humas Setda Aceh, dan saat ini bertugas sebagai Direktur Teknologi Informasi dan Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat.

Selain mengganti dua Pj kepala daerah, lanjut Muhammad MTA, Mendagri juga memperpanjang masa jabatan empat penjabat lainnya di Aceh yakni Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Pj Wali Kota Lhokseumawe Imran. 

Kemudian, Pj Bupati Aceh Timur Mahyuddin Mahyuddin juga diperpanjang, selanjutnya Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga. 

"Setelah pelantikan tersebut, Gubernur juga menyerahkan SK perpanjangan kepada Pj Bupati Aceh Besar, Lhokseumawe, Aceh Timur dan Bener Meriah," demikian Muhammad MTA.


Baca juga: Pj Bupati: MPP bagian akselerasi tingkatkan layanan publik di Aceh Besar
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023