Universitas Syiah Kuala Banda Aceh menyerahkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp108 juta untuk rakyat Palestina yang diserahkan langsung kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia di Banda Aceh.

"Donasi tersebut berasal dari berbagai pihak baik itu masyarakat, mahasiswa, dosen, korporasi, serta mitra USK lainnya guna membantu Rakyat Palestina," kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Kamis malam.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan bantuan langsung kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M Al Shun pada malam penggalangan dana yang dikumpulkan Rumah Amal USK di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat donasi untuk Rakyat Palestina

Ia menjelaskan pada malam penggalangan dana tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara USK dengan Kedutaan Besar Palestina untuk memberikan program beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari Palestina yang ingin melanjutkan studi di USK.

“Kegiatan penggalangan dana ini merupakan bentuk solidaritas USK serta masyarakat Aceh terhadap penduduk Palestina, yang dalam sebulan terakhir ini diserang zionis Israel,” katanya.

Rektor menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mempercayakan Rumah Amal USK untuk kegiatan donasi tersebut. Di mana sebelumnya Rumah Amal USK juga telah menyalurkan donasi sebesar Rp110 juta untuk penduduk Palestina.

“Alhamdulillah, donasi yang kita kumpulkan ini memiliki makna yang besar, karena keputusan kita untuk hadir di sini dan memberi donasi, bukan saja bentuk solidaritas. Tapi setidaknya menjelaskan posisi kita terhadap kezaliman yang terjadi di Palestina,” katanya Rektor.

Ia menambahkan dalam MoU tersebut USK sepakat untuk mendukung program beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari Palestina yang ingin melanjutkan studi di USK.

Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M Al Shun menyampaikan rasa syukur dan simpati yang mendalam atas semangat dan solidatiras dari USK serta masyarakat Aceh untuk membantu rakyat Palestina.

“Pesan paling penting yang akan kami sampaikan kepada masyarakat Palestina malam ini bukanlah besarnya jumlah donasi. Melainkan pesan solidaritas dari Indonesia yang begitu kuat untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina,” katanya.

Baca juga: Disdikbud Banda Aceh kumpulkan Rp404,1 juta donasi untuk Palestina

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023