Kepolisian RI Resor (Polres) Bireuen, Provinsi Aceh, meningkatkan razia dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

Kepala Polres (Kapolres) Bireuen AKBP Jatmiko di Bireuen, Selasa, mengatakan razia tersebut merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan untuk menciptakan suasana aman, damai, dan tenang dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat.

"Razia menjelang Pemilu 2024 tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Seulawah. Dan ini terus kami lakukan untuk memastikan kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu," katanya.

Perwira menengah kepolisian itu mengatakan razia dilakukan difokuskan di depan Mapolres Bireuen. Sasaran razia adalah kendaraan bermotor, baik angkutan umum, maupun pribadi serta sepeda motor.

"Dalam razia tersebut, petugas memeriksa barang-barang masyarakat dengan sasaran yang melanggar seperti senjata api, senjata tajam, bahan peledak, narkotika, dan lainnya," kata Jatmiko.

Sementara itu, Polres Bener Meriah, Provinsi Aceh, juga meningkatkan patroli menjelang Pemilu 2024. Patroli pengamanan dilakukan di beberapa titik di antaranya gudang logistik Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bener Meriah, tempat keramaian masyarakat serta daerah rawan gangguan kamtibmas.

"Tujuan peningkatan patroli tersebut untuk cipta kondisi mewujudkan kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024. Serta memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah tindak kriminal," kata Kapolres Bener Meriah AKBP Nanang Indra Bakti.

Kapolres mengatakan selain patroli,  petugas juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam mewujudkan pemilu damai dan bermartabat di Kabupaten Bener Meriah.

"Petugas juga mengajak masyarakat segera melaporkan ke pos polisi terdekat maupun layanan sentral kepolisian bila ada hal mencurigakan atau terjadi tindakan kriminal," kata Nanang Indra Bakti.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca juga: Polres Bireuen maksimalkan pengamanan pengungsi Rohingya

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024