Arjunawati, seorang janda berusia 42 tahun yang tinggal di Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), merasa sangat terharu karena rumah akan direnovasi melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan dari bapak-bapak ini, rumah saya nanti akan menjadi rumah yang lebih layak untuk ditempati,” kata Arjunawati saat Pj Bupati Abdya Darmansah melihat kondisi rumah itu pada, Rabu.

Dalam kunjungan kunjungan ke rumah tersebut, Pj Bupati Darmansah didampingi Komandan Kodim 0110 Letkol Inf Beni Maradona dan segenap personel TNI yang terlibat dalam program TMMD ke 119.

Arjunawati menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada Pj Bupati Abdya, dan Komandan Kodim 0110 Letkol Inf Beni Maradona atas bantuan rehab rumahnya menjadi rumah layak huni.

Pj Bupati Abdya Darmansah di sela-sela kunjungan itu mengatakan bahwa rumah Arjunawati tersebut akan direhabilitasi dan diperluas menjadi sedikit besar dengan penambahan bangunan baru. 

"Harapan kami, setelah direhab nanti rumah ini akan memberikan kenyamanan bagi ibu Arjunawati dalam mrnjadi hidup sehari-hari dan beribadah," katanya.

Kepala daerah itu juga mengatakan pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu akan terus diupayakan untuk meningkatkan kualitas hunian masyarakat di daerah itu. 

"Insya Allah pemerintah daerah terus berupaya membantu membangun dan merehab rumah masyarakat dhuafa dari tidak layak menjadi layak huni," katanya.

Selain rehab rumah, program TMMD yang tengah berjalan di desa tersebut juga membangun 3,2 km jalan produksi perkebunan untuk memudahkan petani mengangkut hasil perkebunan. 

Kepala Desa Alue Manggota Kecamatan Blangpidie Abdya, T Fakri merasa optimis ke depan hasil kebun warga di desanya bisa meningkat dibanding daerah lain. 

Optimisme Fakri ini beralaskan karena adanya akses jalan sepanjang 3,2 km yang menghubungkan permukiman ke kebun rakyat. Jalan tersebut dibangun oleh Kodim 0110/Abdya melalui kegiatan TMMD ke119.

Fakri mengatakan, selama puluhan tahun warganya bermimpi memiliki akses jalan ke kebun karena selama ini warga harus melewati jalan setapak yang curam dan licin, sehingga banyak hasil panen tidak dapat diangkut untuk dipasarkan.

Menurut dia, kebun warganya yang berada di pegunungan memiliki kesuburan yang cukup tinggi. Batang pohon dan segala tanaman seperti jengkol, durian, pala, manggis, cengkeh, kopi tumbuh subur. 

"Selama ini hasil kebun cukup banyak, namun sayang tidak bisa dikeluarkan untuk dipasarkan lantaran belum memiliki akses jalan," ujar Fakri 

Oleh karena itu mewakili warga Fakri menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Kodim 0110/Abdya karena telah memfasilitasi segala pembangunan di desanya.

 Ia berharap kegiatan TMMD bisa terus digulirkan karena sangat bermanfaat untuk rakyat.

"Kami sangat senang akhirnya ada TMMD di desa kami. Kami ucapkan banyak terimakasih pada Kodim Abdya dan umumnya pada Pemerintah Abdya karena telah penuhi mimpi kami," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati buka TMMD reguler Ke-119 Kodim 0102/Pidie

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024