Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Aceh Besar melaksanakan timbang serentak dalam upaya pencegahan dan pengendalian stunting di kabupaten setempat.

“Timbangan serentak yang dilaksanakan Posyandu di seluruh gampong dalam Kabupaten Aceh Besar bertujuan mendata kembali anak-anak yang terindikasi stunting, termasuk juga ibu hamil, calon pengantin (catin), remaja putri dan pengecekan imunisasi,” kata Penjabat (Pj) Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Aceh Besar Cut Rezki Handayani di Sukamakmur, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau langsung pelaksanaan penimbangan serentak yang dilaksanakan di gedung Posyandu Gampong Luthu Lamweu, Kecamatan Sukamakmur.

Ia menjelaskan untuk pencegahan dan menekan angka stunting di Kabupaten Aceh Besar dirinya bersama dengan instansi terkait gencar melaksanakan kunjungan ke gampong-gampong guna memastikan seluruh program pencegahan dan penurunan stunting berjalan maksimal.

 “Kami meminta kepada para kader Posyandu untuk betul-betul memahami tugas dan fungsinya, serta melakukannya dengan benar dan tepat, supaya hasil pendataan didapat secara objektif dan benar benar sesuai dengan kondisi aslinya.

Ia juga berharap para kader Posyandu dapat memahami tugas dan fungsinya dengan baik dan melakukan tugas tersebut dengan benar sehingga upaya menurunkan angka stunting di daerah setempat dapat terwujud.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita mengatakan kegiatan timbang serentak tersebut juga bagian menindaklanjuti instruksi Kementerian Kesehatan RI untuk mengevaluasi dan memperbaiki program intervensi stunting yang telah dilaksanakan.

"Penimbangan serentak yang kita lakukan pada 604 Gampong dalam Kabupaten Aceh Besar ini, terkoordinasi dengan semua lintas sektor yaitu PKK, Dinsos, DPMG, Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3P2KB), Dinkes dan Puskesmas," katanya.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi korban terseret arus di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024