Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Niko Fahrizal melakukan pengecekan langsung kesiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di wilayah pantai timur Aceh, baik kesiapan arena (vanue) maupun pengamanan.

“Kehadiran saya bertujuan melihat kesiapan personel dalam rangka kesiapan PON dan Pilkada mendatang,” kata Mayjen TNI Niko di sela-sela memberi arahan kepada jajaran Korem 011/Lilawangsa di Kota Lhokseumawe, Rabu.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan PON XXI pada 8-20 September mendatang dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pangdam IM juga meminta agar setiap satuan dan prajurit TNI Kodim di jajaran Korem 011/Lilawangsa untuk terus menjaga profesionalisme, guna menghadapi tantangan tugas menyambut dua agenda nasional yang berlangsung ke depan. 

Prajurit TNI juga diminta untuk menyemarakkan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan PON, lokasi dan kesiapan venue yang ada di daerah itu, dan kesiapan pengamanan PON, sehingga perlu peran bersama untuk menjaga dan menyukseskan.

“Untuk PON disini bagaimana venuenya, juga kesiapannya, saya datang langsung, saya tatap muka dengan para personel yang merupakan langsung di lapangan yaitu para Babinsa,” ujarnya.

Sebelumnya, Panitia Besar PON XXI wilayah Aceh menyebut bahwa ada 10 kabupaten/kota di Aceh yang menjadi daerah penyelenggaraan PON XXI yaitu Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie, Utara, Aceh Timur, Aceh Barat, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Daerah yang masuk wilayah Korem Lilawangsa di antaranya Kabupaten Aceh Utara mempertandingkan tiga cabang olahraga (cabor), Aceh Tengah dua cabor, serta Aceh Timur, Bener Meriah dan Aceh Tenggara masing-masing satu cabor.

Baca juga: Atlet layar keluhkan fasilitas pendukung, begini respon PB PON Aceh

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024