Universitas Syiah Kuala (USK) bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya sepakat menjalin kerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerah setempat.

“Kerja sama yang disepakati ini untuk memperkuat tri dharma perguruan tinggi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian Masyarakat serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendukung pembangunan di Aceh Jaya,” kata Rektor USK Prof Marwan di Darussalam, Jumat.

Ia menjelaskan kolaborasi antara USK dan Pemkab Aceh Jaya sangatlah penting untuk mendorong upaya pembangunan di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kami berharap kesepakatan ini bisa membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh Jaya,” kata Rektor.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MOU oleh Rektor USK Prof Marwan dengan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya A Murtala di Darussalam, Banda Aceh.

Menurut dia USK sudah pernah memberikan dukungan terhadap upaya-upaya pembangunan di Aceh Jaya seperti program pengabdian kepada Masyarakat, pengembangan potensi minyak nilam di Aceh Jaya yang menjalin kerja sama dengan Atsiri Research Center (ARC) USK. 

Selain itu ada juga desa wisata di Ranto Sabun, Program Merdeka Belajar USK dan KKN yang sudah USK lakukan.

Pj Bupati Aceh Jaya A Murtala menyampaikan terima kasih atas terjalinnya kerja sama tersebut karena akan  menjadi bahan masukan yang sangat berharga demi pembangunan Aceh Jaya.

Ia menilai, Kabupaten Aceh jaya memiliki banyak kekayaan alam dan wisata yang sangat potensial dan perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
menurut dia untuk mengoptimalkan berbagai potensi tersebut membutuhkan  sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat membangun Aceh Jaya yang lebih maju dan berkembang di masa mendatang.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024