Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Bendera merah putih raksasa berkibar di Puncak Bukit Goh Cut di Desa Rima Jeuneu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, untuk menyambut peringatan ulang tahun Indonesia ke-72.

"Pengibaran merah putih untuk 17 Agustus tahun ini, kami lakukan di atas bukit. Lebar enam meter dan panjang sembilan meter," papar Ketua Panitia Pelaksana HUT RI 72 Desa Rima Jeuneu, Hendri Yahya (42), di Aceh Besar, Jumat.

Ia mengaku pengibaran bendera berukuran raksasa tersebut dilakukan oleh beberapa orang, terdiri dari warga desa, dan dibantu anggota TNI/Polri setempat di awal bulan ini.

Lokasi pengibaran bendera itu sengaja dipilih di Puncak Bukit Goh Cut, karena dari atas bukit bisa melihat seluruh wilayah Kota Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh dan sebagian Aceh Besar.

Bagi pengunjung datang ke lokasi puncak bukit dengan memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, kata dia, bisa juga menikmati pemandangan luat yang luas dari puncak bukit.

"Kalau kita berdiri dari atas bukit menghadap ke Timur, maka tampak Kota Banda Aceh. Jika menghadap ke Utara, tampak laut yang luas," terangnya.

"Di lokasi berkibarnya bendera merah putih, sangat cocok bagi bagi peminat paralayang. Mungkin belum disadari pemerintah karena olah raga ini, masih jarang ditemui," ucap Hendri.

Kepala Desa Rima Jeuneu Arifin mengatakan pengibaran bendera merah putih berukuran raksasa tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda setempat.

"Pengibaran bendera raksasa ini, atas inisiatif anak muda. Bendera berukuran besar, dijahit atas dana swadaya masyarakat," katanya.

Dia menyebut, berkibarnya bendera merah putih di puncak bukit merupakan yang pertama kali dilakukan oleh masyarakat setempat.

"Ini merupakan wujud, rasa nasionalis pemuda dan masyarakat Desa Rima Jeuneu," tegas dia. 


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017