Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) T Heri Suhadi meminta pemerintah, baik provinsi maupun pusat serius menangani persoalan banjir musiman yang melanda Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. 

"Kecamatan Trumon dan sekitarnya merupakan kawasan yang paling sering dilanda banjir. Setiap tahun banjir selalu merendam permukiman warga. Kami minta penanganan serius masalah banjir tersebut," kata T Heri Suhadi di Aceh Selatan, Senin.

Menurutnya, banjir luapan Sungai Lae Soeraya tersebut sudah berdampak besar bagi masyarakat sekitar yakni Aceh Selatan, Aceh Singkil dan kota Subulussalam.

Selain itu, banjir tersebut membuat masyarakat sekitar cemas dengan kondisi yang dihadapi saat ini. Banyak harta benda masyarakat rusak akibat banjir.

"Masyarakat tidak hanya dirugikan secara materi, tetapi juga kesehatan dan mental juga berdampak," kata T Heri Suhadi.

Ia menambahkan akses transportasi Aceh menuju Sumatera Utara hingga hari ini masih lumpuh total akibat banjir tersebut di kawasan Trumon.

"Sudah tiga hari akses transportasi lumpuh. Bencana alam yang melanda Aceh Selatan ini harus menjadi prioritas bagi Pemerintah Aceh dan pusat," katanya.

Anggota DPRA menyampaikan solusi kongkret terkait banjir itu adalah pembangunan kanal. Pembangunan kanal tersebut sudah pernah diusulkan Pemkab Aceh Selatan.

"Persoalan ini harus menjadi prioritas pemerintah. Kami minta Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk penanganan banjir Trumon," kata T Heri Suhadi.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024