Meulaboh (Antaranews Aceh) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh memastikan pasokan listrik aman selama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak 9 - 12 April 2018 di wilayah kerjanya.

"Sebelum dimulai pelaksanaan UNBK, kami dari PLN bersama pemda sudah bentuk tim koordinasi melalui grub Whatshap. Tidak akan ada kegiatan pemeliharaan jaringan selama ujian," kata Manager PLN Area Meulaboh, Redi Zusanto, di Meulaboh, Senin.

Wilayah kerja PLN Area Meulaboh mencakupi Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya dan Simeulue, pelaksanaan hari pertama UNBK pada empat kabupaten tersebut berjalan lancar dengan ketersediaan pasokan energi dari PLN.

Redi Zusanto menyampaikan, pihaknya tidak mengerahkan/ menempatkan alat mesin cadangan seperti ginset untuk sekolah, karena semua sekolah SMA/MA bahkan hingga SMP sederajat mengikuti UNBK secara serentak sesuai kalender nasional.

Kalaupun ada pihak sekolah atau tempat pelaksanaan UNBK memiliki mesin ginset, semuanya berdasarkan permintaan kepada rayon atau ranting cabang PLN, termasuk petugas atau operator PLN selalu stanby diturunkan apabila ada persoalan kelistrikan.

Baca juga: Sekolah Aceh Barat UNBK di kampus UTU

"Jaringannya sudah kita pelihara, mesin pembangkit sudah mendukung, kita suport suksesnya UNBK. Semua petugas juga sudah brifing tidak ada pemadaman ketika jam ujian, dan surveynya sudah kita buat," imbuhnya.
 
Kalaupun ada tempat ujian yang stanby mesin ginset milik PLN, seperti di kampus Universitas Teuku Umar (UTU), itu adalah permintaan untuk kebutuhan di luar kegiatan UN, kebetulan ada pihak sekolah yang menggadakan unjian di lembaga tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, semua sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini tentunya sudah memiliki sarana prasarana pendukung, termasuk mesin ginset, karena itu pihak PLN tidak mungkin menempatkan mesin ginset untuk 1-3 sekolah.

Selama kegiatan UN, sebut Redi, pihak PLN akan mengintensifkan komunikasi dengan Dinas Pendidikan serta pihak sekolah selama empat hari berlangsungnya UN, sementara kepada petugas PLN sudah bersepakat tidak akan ada pemeliharaan.

Baca juga: Pengawasan UNBK SMA/MA Singkil sistem silang

"Kami tidak membantu mesin ginset untuk UNBK tahun ini, kalau pun ada tempat yang memiliki mesin ginset, itu untuk kebutuhan lain. Tidak adil kalau hanya beberapa sekolah yang kita bantu, sementara ujian tahun ini diikuti banyak sekolah," katanya.
 

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018