Sebanyak 300 kepala keluarga petani warga Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menerima pupuk bantuan sumber dana desa untuk dipergunakan pada musim tanam padi gadu 2019.

Pj Keuchik (Kepala Desa) Ie Lhob, Tangan-Tangan, Mawardi di Blangpidie, Minggu, mengatakan, pupuk bantuan yang disalurkan ke seluruh warganya merupakan pupuk jenis NPK Phonska Plus (non subsidi) yang dibeli dengan menggunakan dana desa tahap II tahun 2019.

Baca juga: Distan Abdya mulai bagikan bibit sawit gratis ke petani

“Sebagian dana desa tahap II tahun 2019 ini kami peruntukkan pengadaan pupuk, karena seluruh petani di desa kami saat ini cukup membutuhkan pupuk untuk kebutuhan tanaman padi yang akan ditanam pada MT gadu 2019 ini ,” kata Mawardi.

Mawardi berkata, pupuk NPK sumber dana desa disalurkan kepada seluruh masyarakatnya menggunakan sistem kepala keluarga, dimana setiap rumah diberikan pupuk NPK Phonska sebanyak 32 kilogram.

Baca juga: Hujan turun, petani Abdya mulai olah sawah

Selain untuk tanaman padi, pupuk tersebut juga oleh petani untuk tanaman lain, seperti kacang panjang, jagung, cabai, tomat dan tanaman lainnya.  

“Semua rumah yang ada di Desa Ie Lhob ini mendapat jatah pupuk bantuan ini. Pupuk ini kami beli dan menyalurkan ke seluruh petani berdasarkan hasil musyawarah desa. Masyarakat sepakat beli pupuk untuk kebutuhan tanaman padi yang akan ditanam musim gadu ini,” jelasnya.

Baca juga: Petani Abdya mulai turun ke sawah pada MT gadu

Mawardi juga menjelaskan, program tanam padi serentak pada musim tanam gadu 2019 di desanya sudah dimulai oleh seluruh petani dan bahkan hampir seluruh lahan sawah sudah digarap dengan menggunakan traktor 4WD.

“Insyaallah beberapa hari lagi ke depan semua lahan sawah di desa saya sudah habis digarap. Bulan depan sudah mulai tanam, dan pupuk bantuan ini nantinya dipergunakan petani untuk lahan sawah setelah tanam,” ujarnya.   

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019