Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah periode 2019-2024 mengikuti orientasi juga mengenalkan tugas dan tanggung jawab sebagai legislatif.

Sekretaris DPRK Aceh Tengah Windi Darsa di Banda Aceh, Jumat, mengatakan, orientasi berlangsung hingga 9 September 2019, bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh.

"Tujuan orientasi untuk mengenalkan tugas dan fungsi anggota legislatif yang juga sebagai penyelenggara pemerintahan daerah," kata Windi Darsa menyebutkan.

Selain itu, orientasi juga untuk mengingkatkan semangat dan pemahaman anggota dewan terhadap ideologi dan nilai-nilai kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami berharap orientasi ini akan meningkatkan pemahaman anggota DPRK Aceh Tengah terhadap tugas, fungsi, dan tanggung jawab, sehingga mampu menjalankan amanah yang diemban," kata Windi Darsa.

Sekretaris BPSDM Aceh M Nasir mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 30 pemateri yang akan memberikan orientasi atau pembekalan kepada para seluruh anggota dewan tingkat kabupaten

"Tidak hanya anggota DPRK Aceh Tengah yang mendapat pembekalan dari BPSDM Aceh, tetapi juga anggota di 22 DPRK lainnya di Provinsi Aceh," kata M Nasir menyebutkan.

M Nasir berharap orientasi tersebut mampu meningkatkan pemahaman anggota DPRK Aceh Tengah, sehingga tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat bisa menjadi lebih maksimal.

"Yang perlu diingat adalah anggota dewan merupakan penyelenggara pemerintahan daerah. Jadi, kedudukannya sejajar dengan kepala daerah dalam menjalankan tugas dan fungsinya," kata M Nasir.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019