Manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pemerintah Aceh menghadirkan inovasi baru yakni dengan langsung memberikan akta kelahiran kepada bayi yang lahir di rumah sakit tersebut.

“Setiap bayi yang lahir di rumah sakit ini bisa langsung mendapat akta kelahiran dengan catatan ibu bayi sudah mengantongi nama buat si buah hati,” kata Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pemerintah Aceh, dr Nyak Rinda di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan inovasi tersebut diberikan untuk mempermudah keluarga pasien untuk mendapatkan akta kelahiran tanpa harus mengurusnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca juga: Polisi di Aceh Utara bantu buatkan akte kelahiran bagi anak desa

"Saat pasien yang melahirkan pulang, mereka langsung bisa bawa akta kelahiran anak," katanya.

Inovasi yang dihadirkan tersebut disampaikan orang nomor satu di rumah sakit tersebut saat pembekalan pejabat stuktural oleh Sekretaris Daerah Aceh.

Baca juga: Bhayangkari Aceh Jaya bagi akte kelahiran gratis

Nyak Rinda mengatakan, bagi keluarga yang belum memiliki pilihan nama untuk buah hatinya, pihak rumah sakit juga memberi pilihan nama-nama yang bagus, baik dengan arti yang mulia.

“Artinya, orang tua punya waktu memilih nama yang cocok buat si bayi, karena kami juga memberikan nama-nama yang dapat dipilih oleh setiap orang tua,” katanya.

Baca juga: Banda Aceh targetkan jadi kota ramah anak pada 2021

Asisten I Setda Aceh, M. Jafar memberikan apresiasi atas inovasi yang dihadirkan oleh rumah sakit milik Pemerintah Aceh tersebut.

“Apa yang dilakukan oleh RSIA merupakan inovasi yang membuat jalur urunan kepengurusan dokumen anak menjadi lebih mudah,” katanya.

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019