Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh dibawah kepemimpinan Muzakkir Manaf (Mualem) memberi dukungan 1000 persen terhadap lahirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal barat-selatan (Barsela) yang pusatnya di Teluk Surin, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

“Tadi Mualem menyampaikan, jika orang lain memberi dukungan 100 persen, maka beliau seribu persen untuk KEK halal Barsela di Teluk Surin Abdya," kata Juru bicara tim task force Surin Industrial Smart City (SISC) Aceh Barat Daya, Habiburahman ketika dihubungi dari Blangpidie, Senin malam.

Baca juga: Pengelola kapal tanker dari Jakarta tinjau KEK halal Barsela

Habiburahman menyampaikan pernyataan Mualem mendukung KEK halal Barsela setelah tim task force Surin Industrial Smart City Aceh Barat Daya dan pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) melakukan diskusi dengan Muzakkir Manaf di Kryad Hotel Banda Aceh terkait KEK halal barsela.

"Luar biasa Mualem, selain memberikan dukungan Ketua Kadin Muzakkir Manaf  juga berencana akan mendatangkan Sandiaga Uno ke Kabupaten Abdya untuk berinvestasi di KEK halal barsela,” kata Habiburahman.

Baca juga: ISMI dukung Pemerintah Aceh buka KEK barat-selatan

Menurut Habiburahman, Ketua Kadin Aceh, Muzakkir Manaf dalam waktu dekat akan segera datang ke Teluk Surin di Desa Lama Tuha, Kuala Batee, Abdya melihat kapling tanah bangunan investasi AgForce Quensland, Australia.

AgForce Quensland, Australia dan Kadin Aceh dibawah kepemimpinan Muzakkir Manaf telah sepakat berkolaborasi perdagangan dan investasi untuk menguatkan produk-produk hasil pertanian, peternakan, produk pengolahan daging dan susu, produk perikanan, serta kerja sama ekonomi dan penguatan kapasitas kemitraan senilai USD 20 juta atau sekitar Rp280 miliar  

Baca juga: ISMI optimis pemerintah tetapkan Abdya jadi KEK halal Barsela

“Menurut Mualem, kerjasama Kadin Aceh yang telah MoU dengan AgForce Quensland, Australia itu juga akan dilibatkan ke KEK halal barsela untuk investasi sub sektor di Teluk Surin,” kata Habiburahman.

Oleh karena itulah, ketua Kadin Mualem dalam waktu dekat akan segera datang ke Teluk Surin di Kabupaten Abdya, dan Ia selaku Ketua Umum Partai Aceh menyatakan siap mengamankan kebijakan regulasi melalui parlemen.

"Mualem juga berkeinginan KEK halal barsela ini harus ada kerjasama dengan pelabuhan Krueng Raya Banda Aceh untuk saling menyuplai berbagai komoditas dan produk-produk eksport lainnya," ujar Habiburahman.

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019