Ribuan umat Islam di Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Barat, sepanjang Kamis (24/4) sudah mulai melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah.

“Jamaah thariqat Syattariyah pengikut Abu Habib Muda Seunagan atau akrab disapa Abu Peuleungkung, sudah mulai berpuasa Ramadhan sejak Kamis hari ini,” kata seorang jamaah pengikut Abu Habib Muda Seunagan, Mukhlis, di Nagan Raya.

Bahkan pada Rabu malam, para jamaah juga sudah melaksanakan ibadah shalat tarawih perdana di Masjid Syaikhuna, Desa Ujong Pasi, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya.

Meski sudah lebih awal melaksanakan ibadah tarawih dan puasa perdana di bulan suci Ramadhan, Mukhlis berharap umat muslim lainnya di Nagan Raya atau pun Provinsi Aceh diimbau agar menghormati pelaksanaan ibadah yang sudah mereka laksanakan.

Setiap tahunnya, pengikut thariqat syattariyah di Nagan Raya memang lebih awal melaksanakan ibadah tarawih dan berpuasa di bulan suci Ramadhan, dan jadwalnya berbeda dengan umat muslim lainnya.

Ada pun metode yang digunakan untuk menetapkan awal Ramadhan setiap tahunnya, yaitu menggunakan metode hisab (hitungan) bilangan lima.

Bahkan saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri sekali pun, juga kerap dirayakan berbeda dan lebih awal dari keputusan resmi dari pemerintah pusat, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020