Pemerintah Aceh bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berencana melakukan ujicoba fungsi Irigasi Lhok Guci di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat pada tanggal 20 Oktober 2020 mendatang.

Renacananya, ujicoba proyek strategis nasional tersebut akan dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Untuk tahap pertama ini, rencananya operasional Irigasi Lhok Guci akan mampu mengairi 400 Hektare sawah di Aceh Barat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, Kurdi di Meulaboh, Kamis.

Menurutnya, 400 Hektare sawah yang akan diairi pada tahap pertama operasional Irigasi Lhok Guci tersebut meliputi Desa Babah Lueng, Alue Keumang, Babah Iseung, dan Menuang Kinco, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Ia juga menjelaskan, pada tahun 2021 mendatang, pemerintah juga menargetkan akan meningkatkan luas lahan sawah di Aceh Barat akan dialiri aliran air dari saluran irigasi tersebut mencapai 1.000 Hektare.

Bahkan pada tahun 2024 mendatang, seluas 12.700 Hektare sawah diharapkan dapat dialiri air dari saluran Irigasi Lhok Guci yang peningkatan pembangunannya dimulai pada tahun 2015 lalu oleh Presiden Joko Widodo, saat melakukan kunjungan kerja ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Jika tidak ada kendala, pada tahun 2024 mendatang, proyek Irigasi Lhok Guci Aceh Barat juga akan diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Jokowi,” kata Kurdi menuturkan.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS di dalam rapat persiapan ujicoba irigasi Lhok Guci (BLG 1- BLG 4) Kabupaten Aceh Barat, di Pendapa Bupati Aceh Barat, di Meulaboh, Kamis melalui video conference kepada Asisten II Pemerintah Aceh, Teuku Ahmad Dadek mengatakan operasional Irigasi Lhok Guci di Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurutnya, dengan beroperasinya saluran irigasi di tahap pertama pada tahun ini, maka hal tersebut dapat membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya kalangan petani di Aceh Barat.

Ia juga menjelaskan, pembangunan irigasi Lhok Guci sebetulnya sudah dimulai dari tahun 2004 dan sempat terhambat karena pembangunannya memakan waktu yang lama.

"Meskipun Lhok Guci belum selesai, Alhamdulillah hasil panen padi masih menjadi surplus pendapatan dari masyarakat di Aceh Barat,” katanya menuturkan.

Bupati Ramli MS berharap pembangunan Irigasi Lhok Guci yang masuk ke dalam proyek strategis nasional ini segera selesai.

Sementara itu Asisten 2 Setda Aceh, Teuku Dadek mengatakan bahwa irigasi Lhok Guci akan diujicoba terlebih dahulu sebelum dilakukan peresmian oleh Presiden Joko Widodo nantinya.

“Untuk uji coba Insya Allah Plt Gubernur Aceh, Bapak Nova Iriansyah mengatakan beliau akan hadir ke Aceh Barat," tuturnya.

Teuku Dadek juga meminta Pemkab Aceh Barat juga harus mempersiapkan operasional Irigasi Lhok Guci pasca ujicoba dilakukan nantinya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020