Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Barat berhasil meraih juara satu stand terbaik pada ajang Pameran Kerajinan Unggulan Aceh berlangsung secara virtual.

Sementara Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih juara dua dan juara ketiga diraih oleh Dekranasda Kabupaten Bireuen, Aceh. Sedangkan harapan satu diraih oleh Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Tengah memperoleh juara harapan dua serta Kabupaten Bener Meriah meraih juara harapan tiga.

”Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk pelaku usaha dan pengrajin kerajinan tangan khas Aceh, agar selalu semangat dalam menciptakan ide kreatif demi kemajuan kerajinan di Kabupaten Aceh Barat,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda di Meulaboh, Kamis.

Menurutnya, prestasi tersebut diraih setelah stand Dekranas Kabupaten Aceh Barat didesain dengan mengangkat tema kearifan lokal khas Aceh.

Selain itu, di dalam pameran virtual kerajinan tangan khas Aceh tersebut, Dekranasda Kabupaten Aceh Barat juga menampilkan produk unggulan hasil pengrajin lokal.

Diantaranya seperti produk kerajinan eceng gondok, berbagai jenis sulaman kasab khas Aceh, hasil kerajinan daun pandan, serta kerajinan yang terbuat dari tempurung kelapa.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Barat Zulyadi secara terpisah mengatakan, pihaknya mengharapkan dengan prestasi yang diraih tersebut dapat menambah motivasi bagi pengrajin produk kerajinan tangan khas Aceh di daerah ini.

Prestasi tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan semangat pengrajin produk lokal dalam mengembangkan kreativitas, serta menciptakan kerajinan model baru di masa mendatang.

“Dengan adanya prestasi ini, pemerintah daerah juga berharap produk kerajinan tangan khas Aceh dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya bagi para pengrajin, ditengah pandemi COVID-19,” kata Zulyadi menegaskan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020