Wali Kota Sabang Nazaruddin dan Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus bersama unsur Forkopimda melaksanakan shalat Idul Adha 1442 Hijriah di Lapangan Yos Sudarso, Sabang, Selasa.

"Saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Alhamdulillah tahun ini kita masih bisa melaksanakan shalat Idul Adha dan semoga ibadah kurban kita tahun ini diterima Allah SWT," kata Nazaruddin.

Imam shalat id tersebut yakni Ustadz Irsalullah Yusuf yang merupakan pimpinan Pesantren Almujadid. Sedangkan yang bertindak sebagai khatib yakni Tgk Abi H Abdul Hadi yang juga pimpinan Raudhatul Huda Al A’ziziah atau akrab disapa Abi Peulawi dari Aceh Timur.

Nazaruddin mengatakan, meski umat muslim tahun ini melaksanakan hari raya qurban di tengah pandemi COVID-19, namun tetap tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk saling berbagi.

"Mudah-mudahan pandemi ini cepat berakhir. Kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar COVID-19 ini cepat hilang, sehingga seluruh aktivitas kita bisa kembali normal,” katanya.

Pemerintah Kota Sabang juga telah mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak melaksanakan shalat id berjamaah untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, terutama menggunakan masker.

Idul Adha atau hari raya kurban ditandai dengan penyembelihan hewan kurban di seluruh dunia sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Daging kurban itu kemudian disalurkan kepada masyarakat umum.

"Hukum melaksanakan kurban itu sendiri wajib bagi orang yang mampu atau memiliki keluasan rezeki untuk berkurban. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah Al-Kautsar ayat 1-2, bahwa Sesungguhnya kami telah memberikan nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena tuhanmu dan berkurbanlah," katanya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021