Anggota DPRA Teuku Raja Keumangan meminta Pemerintah Aceh dan intansi terkait lainnya untuk melobi penambahan kuota jamaah haji ke Raja Arab Saudi.

“Ini merupakan persoalan serius yang harus segera di atasi Pemerintah Aceh, agar JCH asal Aceh tidak terlalu lama menunggu untuk bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci,” kata Teuku Raja Keumangan melalui saluran telepon kepada ANTARA di Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan hingga awal tahun 2022, total JCH asal Aceh yang sudah mendapatkan porsi haji  telah mencapai 129.119 orang.

Menurut dia antrian JCH, maka dipastikan masyarakat Aceh untuk bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Arab Saudi  harus menunggu sampai 31 tahun.

Teuku Raja Keumangan juga mengatakan total jamaah asal Aceh yang diberangkatkan selama ini setiap tahunnya mencapai 4.359 JCH, berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Ia berharap agar Pemerintah Aceh bersama-sama dengan DPRA dapat membahas persoalan tersebut, agar masyarakat Aceh yang ingin berangkat beribadah ke Tanah Suci tidak lagi harus menunggu lama.

“Kami siap bersama-sama Pemerintah Aceh melobi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, agar Aceh mendapatkan prioritas penambahan JCH. Apalagi selama ini hubungan Aceh dengan Arab Saudi sangat dekat sekali,” kata Teuku Raja Keumangan menambahkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022