Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat bersama komunitas Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) melakukan aksi sosial, berupa pembersihan sampah di pinggir pantai wisata Batee Puteh, Meulaboh.

“Aksi bersih-bersih sampah ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Sampah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya,” kata Kepala DLHK Kabupaten Aceh Barat Bukhari kepada ANTARA, Ahad di Meulaboh.

Menurutnya, kegiatan aksi pembersihan sampah juga dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di Aceh Barat, agar menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan masyarakat, tempat wisata, sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit.

Bukhari mengatakan jumlah sampah yang berhasil diangkut dari kawasan Pantai Wisata Batee Puteeh Meulaboh, di Desa Ujung Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, mencapai satu ton lebih.

Sampah-sampah tersebut kemudian di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik DLHK Aceh Barat guna dilakukn pengolahan sampah.

Selain di pantai, pihaknya bersama komunitas relawan Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Aceh Barat juga ikut melakukan pembersihan sampah di sejumlah ruas jalan protokol di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Diantaranya seperti di ruas Jalan Kayu Putih, Jalan Beringin Jaya, Beringin Maju, Jalan Terendam serta sejumlah ruas jalan lainnya di Kecamatan Johan Pahlawan,
Kabupaten Aceh Barat, demikian Bukhari.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022