Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Zulkifli menyatakan kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan agenda nasional yang dilaksanakan secara berjenjang dalam upaya meningkatkan pemanfaatan alat teknologi tepat guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini diikuti oleh dari kabupaten dan kota, Gampong, posyantek dan para inventor alat TTG dan seluruh pemenang tingkat provinsi ini akan mewakili Aceh di tingkat nasional," kata Zulkifli di Jantho, Selasa malam.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIV Provinsi Aceh Tahun 2023 oleh Asisten II Setda Aceh Mawardi di Jantho Sport City Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Profesi yang akan bertahan dan berkembang dengan teknologi AI

Adapun para pemenang dalam kegiatan TTG 2023 di Kota Jantho tersebut yakni Kabupaten Aceh Besar meraih peringkat pertama untuk kategori  TTG Unggulan yakni mesin pengupas pelepah pisang dengan pemenang Faisal, kedua ditempati Bustami Suwardi dari Nagan Raya dengan mesin peraut lidi dan tempurung kelapa)dan Juara III Iswarli asal Aceh Besar dengan mesin pemecah sabut kelapa.

Selanjutnya Lomba Inovasi Alat TTG Juara Juara I Khairul dari Pidie Jaya dengan mesin pembersih ring tutup gelas kemasan, juara II Amrizal Bener Meriah dengan Pompa Air Tenaga Kincir dan juara III Mahyedin Abubakar dari Aceh Utara, dengan nama alat Peneurah atau alat ekstra buah kelapa sawit.

Lomba Posyantek Terbaik Juara I, Zark Ashi Zakaria dari Langsa, Juara II Reza Aulia dari Aceh Besar, Posyantek Aajun Supernova) dan Juara III Hasbi Aceh Besar, Posyantek Tuntas Muda.

Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Juara I Gampong Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Juara II, Gampong Lubuk Batee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dan Juara III, Gampong Meunasah Timu, Kecamatan Peusangan, Bireuen.

Kemudian Juara Harapan I, Gampong Penyeurat, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh dan Juara Harapan II, Gampong Cekal Baru, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada kabupaten kota yang sudah berpartisipasi dalam even ini,” katanya.

Baca juga: Waspada bahaya trojan baru bernama Fleckpe serang pengguna google play

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023