Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, Imran, adakan rapat koordinasi untuk berkolaborasi agenda Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Rapat koordinasi persiapan Sarasehan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Komisariat Wilayah (KomWil) I Apeksi tahun 2023, yang akan berlangsung di Kota Lhokseumawe pada 18-22 November.
 
Imran menyebutkan, kegiatan ini sebagai kesempatan untuk mempromosikan Lhokseumawe ditingkat nasional dan mengangkat sektor ekonomi lokal serta seni budaya. Sarasehan terdiri dari acara utama yakni seminar dan expo produk UMKM. Event besar ini, rencananya akan berlokasi di Lapangan Hiraq mengundang 24 Kota anggota KomWil I Apeksi di Sumatera serta seluruh Kabupaten Kota se-Provinsi Aceh.
 
Imran menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), instansi vertikal, dan seluruh stakeholder untuk menjamin kesuksesan acara akbar tersebut. Pihaknya juga meminta bantuan, dari beberapa perusahaan terkait pelaksanaan dalam mempersiapkan sarasehan besar ini, seperti Pertamina Arun Gas (PAG), Bank Aceh, Bank Syariah Indonesia (BSI), BUMN, BUMD, dan Bank Indonesia (BI).
 
"Sarasehan ini kegiatan milik bersama, bukan hanya pemko atau Apeksi. Semua pihak saya minta berkomitmen untuk bersatu dalam kesuksesan acara ini sebagai ajang promosi UMKM ditingkat nasional," kata Imran, Senin (6/11).
 
Selain itu akan ada panggung seni budaya, Imran mengajak para seniman Kota Lhokseumawe untuk turut aktif berpartisipasi dalam acara ini. Selama acara Sarasehan, juga akan diadakan Maulid Akbar dengan penampilan grup-grup Dalail Khairat untuk menunjukkan kekayaan nilai-nilai agama di Lhokseumawe.
 
"Stand makanan dan produk UMKM lainnya juga akan kita libatkan di Jalan T Hamzah sampai ke area Museum Lhokseumawe," ungkapnya.

Penulis: Kamal, mahasiswa Universitas Malikussaleh

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023