BMKG memprakirakan mayoritas kota besar di wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Minggu, namun Banda Aceh diprakirakan berawan di hari terakhir jelang tahun baru.
 
Kondisi hujan dikarenakan ada sirkulasi siklonik di wilayah pesisir Kalimantan Barat yang dapat mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di sekitar wilayah tersebut, demikian prakirawan BMKG Yuni Maharani dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Minggu.

BMKG memprakirakan, langit berawan diperkirakan hanya menyelimuti wilayah Banda Aceh.

Baca juga: Aceh diprakirakan hujan petir saat libur tahun baru
 
Sedangkan mayoritas daerah di Pulau Sumatra berpeluang turun hujan ringan di Kota Padang, Medan, dan Pangkal Pinang. Hujan sedang hingga lebat diperkirakan mengguyur Kota Tanjung Pinang, Bandar Lampung, dan Bengkulu.
 
Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai potensi hujan disertai petir di wilayah Pekanbaru, Palembang, dan Jambi.
 
Di Pulau Jawa potensi hujan ringan ada di Jakarta, Semarang, Surabaya; hujan sedang di Serang dan hujan lebat di Yogyakarta; sedangkan hujan petir diperkirakan mengguyur Kota Bandung.
  
Baca juga: Banda Aceh diprakirakan berawan pada Kamis
 
Di Pulau Kalimantan, hujan ringan berpotensi turun di Pontianak, Palangka Raya, dan Samarinda. Kemudian, hujan petir di Banjarmasin dan langit berawan hanya ada di Tanjung Selor.
 
Adapun mayoritas kota besar di Pulau Sulawesi berpotensi hujan ringan, kecuali Manado yang diprakirakan berawan.
 
Di wilayah timur Indonesia, hujan ringan berpotensi turun di Manokwari dan Jayapura. Sedangkan, hujan petir diperkirakan hanya ada di Ambon dan cuaca berawan hanya ada Ternate.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mayoritas kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan ringan

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023