Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh melakukan supervisi dan monitoring rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah kerja KIP Sabang.
 
"Kegiatan ini bertujuan melihat secara langsung mekanisme yang digunakan dalam rekrutmen anggota KPPS apakah berjalan sebagaimana yang diatur dalam petunjuk teknis," kata Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ahmad Mirza Safwandy di Sabang, Jumat.

Ia menjelaskan dalam pembentukan KPPS, Panitia Pemungutan Suara(PPS) menerima pendaftaran calon anggota sampai dengan tanggal 20 Desember 2023 dan pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS sejak 23 sampai 25 Desember 2023.

"PPS wajib mengutamakan terlebih dahulu calon anggota KPPS yang mendaftar melalui seleksi terbuka," katanya.

Menurut dia, seleksi terbuka lebih diutamakan, sesuai dengan lingkungan TPS dan apabila terdapat kekurangan calon anggota KPPS di wilayah TPS tersebut, PPS dapat mengutamakan calon anggota KPPS yang berasal dari lingkungan TPS terdekat atau gampong/desa yang sama dengan mempertimbangkan akses.

"Jika seleksi terbuka anggota KPPS tidak memenuhi ketentuan yang dibutuhkan sampai dengan akhir pendaftaran, KIP kabupaten/kota melalui PPS dapat melakukan mekanisme kerja sama dan/atau melakukan mekanisme penunjukan terhadap masyarakat di wilayah kerja KPPS yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai KPPS," kayanya.

Mirza mengatakan pihaknya juga perlu untuk memastikan keterpenuhan jumlah KPPS sesuai dengan jumlah kebutuhan, yakni dengan melakukan monitoring secara intensif pada pelaksanaan seleksi terbuka dan data keterpenuhan jumlah anggota KPPS sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

"Sesuai arahan KPU RI, kita diminta untuk memastikan keterpenuhan jumlah KPPS sesuai dengan jumlah kebutuhan, jadi mengapa kita melakukan monitoring secara intensif dan memberikan arahan, karena KIP Aceh/KIP Kabupaten/Kota merupakan pelaksana kebijakan," katanya.

Ketua Divisi Hukum & Pengawasan KIP Aceh tersebut juga mengatakan kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan penggunaan aplikasi Siakba di KIP Kota Sabang serta mengunjungi Sekretariat PPS Gampong Balohan dan PPS Gampong Kuta Ateuh.

Dalam kunjungan tersebut dirinya turut didampingi Anggota KIP Kota Sabang Anisah dan Sekretaris KIP Kota Sabang T Taufiq.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024