Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa Aceh sudah dilanda sebanyak 593 kejadian gempa bumi dengan kekuatan (magnitudo) dan kedalaman yang bervariasi selama Januari-Juni 2024.

"Gempa bumi di Aceh didominasi berkekuatan magnitudo kurang dari 3 (M<3) mencapai 403 kali dan kekuatan magnitudo tiga sampai kurang dari lima (3≤M<5) sebanyak 188 gempa bumi," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, di Aceh Besar, Kamis. 

Andi mengatakan, berdasarkan kedalamannya, Aceh didominasi oleh gempa bumi dangkal dengan kedalaman kurang dari 60 kilometer (D < 60 km) sebanyak 550 kejadian. 

Kemudian, kejadian gempa bumi dengan kedalaman menengah yakni kedalaman 60 hingga kurang dari 300 kilometer (60 km ≤ D < 300 km) sebanyak 43 kali.

Baca juga: Islamic Relief bangun rumah dhuafa tahan gempa di Aceh Besar

Dari jumlah 593 kali gempa bumi yang tercatat, kata Andi, hanya 22 yang dirasakan masyarakat sepanjang Januari-Juni 2024. Kejadian gempabumi dirasakan dengan magnitudo terbesar M 6.2 di pantai Barat Aceh pada 28 Mei lalu. 

"Skala dampak dirasakan terbesar mencapai IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderit dan dinding berbunyi)," ujarnya. 

Dirinya menyampaikan, berdasarkan peta seismisitas wilayah Aceh pada Januari-Juni 2024, wilayah patahan Sumatera segmen Aceh yang terletak di sepanjang Aceh Besar-Pidie merupakan wilayah dengan tingkat keaktifan gempa bumi (seismisitas) tinggi. 

"Dengan keaktifan gempa bumi di wilayah Aceh yang tinggi, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, tenang, tidak panik dan terpancing oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya. 

Dalam kesempatan ini, ia juga mengajak masyarakat Aceh agar tidak termakan berita bohong terkait gempa dan menjadikan informasi dari BMKG sebagai sumber informasi arus utama. 

"Pastikan sumber informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarluaskan di beberapa kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," demikian Andi Azhar Rusdin.

Baca juga: Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo landa Simeulue Aceh, begini penjelasannya

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024