Kodim 0101/Kota Banda Aceh melaksanakan latihan Pengendalian Huru-Hara (PHH) sebagai upaya memaksimalkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di daerah setempat.

“Kegiatan latihan PHH ini merupakan bagian dari memastikan seluruh personel di jajaran Kodim 0101/Kota Banda Aceh siap dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama Pilkada,” kata Dandim 0101/Kota Banda Aceh Kolonel Czi Widya Wijanarko di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela meninjau langsung pelaksanaan latihan Pengendalian Huru-Hara (PHH) yang di pusatkan halaman Makodim 0101/Kota Banda Aceh.

Ia menjelaskan latihan yang digelar tersebut juga bagian untuk memastikan kesiapan personel dalam mendukung pengamanan Pilkada 2024 dan respon cepat dan tepat dalam situasi darurat.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan simulasi situasi huru-hara guna untuk memberikan gambaran nyata tentang tantangan yang mungkin dihadapi selama pengamanan Pilkada.

Personel yang mengikuti latihan PHH tersebut dilengkapi dengan peralatan lengkap seperti helm pelindung, tameng, tongkat, pelindung tubuh, dan alat komunikasi.

Dandim 0101/Kota Banda Aceh juga memberikan apresiasi kepada seluruh personel Kodim 0101/KBA yang telah melaksanakan latihan untuk kesiapan pengamanan Pilkada tersebut.

“Kami meyakini bahwa kerja keras dan dedikasi mereka bertujuan untuk mempersiapkan diri dengan optimal dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama pengamanan Pilkada 2024,” katanya.

Ia menambahkan latihan tersebut juga merupakan salah satu langkah konkret yang diambil oleh Kodim 0101/Kota Banda Aceh untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman dan lancar di wilayah Banda Aceh. 

“Kesiapan personel dan peralatan adalah kunci utama dalam menciptakan situasi kondusif selama proses Pilkada berlangsung,” katanya.

Baca juga: Kodim 0105 Aceh Barat gelar pawai bendera merah putih, Semarak hari kemerdekaan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024