Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim perumus sudah menyimpulkan enam tema besar yang bakal menjadi topik pada pelaksanaan debat kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh untuk Pilkada 2024.

"Ada enam tema yang akan diperdebatkan untuk tiga kali pelaksanaan debat kandidat," kata Divisi Sosdiklih Parmas KIP Aceh, Hendra Darmawan, di Banda Aceh, Kamis.

Adapun enam tema besar untuk tiga kali debat kandidat tersebut yakni tentang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Keempat, terkait penyelesaian persoalan daerah, pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota, provinsi dengan nasional.

"Terakhir (keenam) tentang memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan," ujarnya.

Baca juga: Dahnil Azhar: Prabowo bakal bergerak menangkan Mualem-Dek Fadh di Pilkada Aceh

Namun, Hendra tidak menjelaskan lebih rinci yang mana topik debat pertama dari enam tema besar tersebut. Karena masih dalam pembahasan bersama tim perumus, belum diserahkan kepada mereka.

"Hari ini kami akan menerima dari tim perumus debat terkait tema debat, sub tema debat, dan ruang lingkup debat, dan nantinya akan kami sosialisasi kepada pihak terkait," katanya.

Selain itu, terkait panelis debat, KIP Aceh sudah menyiapkan sebanyak 21 orang yang masing-masing dibagi tujuh panelis untuk sekali pelaksanaan debat kandidat. Mereka terdiri dari unsur akademisi, profesi dan tokoh masyarakat.
 
"Untuk setiap debat akan disediakan tujuh orang panelis. Tiga kali debat, 21 panelis. Tetapi untuk penetapan panelis setiap debat sedang kami bahas, dan ditetapkan dalam rapat pleno," demikian Hendra Darmawan.

Sebagai Informasi, KIP Aceh telah menetapkan debat kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2024 dilaksanakan sebanyak tiga kali. Semuanya disiarkan langsung melalui stasiun televisi nasional dan juga lokal.

Untuk jadwal debat sendiri dilaksanakan dengan batas akhir 23 November 2024. Sejauh ini KIP Aceh baru menetapkan jadwal debat pertama. 

Debat pertama bakal diselenggarakan pada 25 Oktober 2024, di Hotel Amel Convention Hall Banda Aceh. Sedangkan untuk debat kedua dan ketiga akan ditentukan kembali.

Baca juga: Bustami janji sejahterakan nelayan, termasuk tuntaskan Irigasi Lhok Guci Aceh Barat

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024